Rabu, 07 Desember 2022
Kriminal

Selebgram Medina Zein Segera Diadili di PN Surabaya atas Kasus Penipuan Jual Beli Tas Hermes Palsu Rp 1,3Milyar

profile
Doi

26 Oktober 2022 23:38

645 dilihat
Selebgram Medina Zein Segera Diadili di PN Surabaya atas Kasus Penipuan Jual Beli Tas Hermes Palsu Rp 1,3Milyar
Tersangka selebgram Medina Zein saat tiba di Kejari Tanjung Perak untuk menjalani pelimpahan tahap II dari Mapolrestabes Kota Surabaya. (Yulianto / SJP)

SURABAYA - Rentetan kasus penipuan jual beli tas merk Hermes yang menjerat Selebgram Medina Zein sebagai tersangka dalam waktu dekat segera diadili di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya.

Pasalnya, kasus yang merugikan saksi korba Uci Flowdea sebesar Rp1.3 miliar lebih usai dilimpahkan penyidik Polrestabes Surabaya ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjung Perak pada Rabu (26/10/2022).

"Penyerahan tersangka dan barang bukti (penyerahan Tahap II) atas perkara perlindungan konsumen atau Penipuan terkait jual beli tas merk Hermes palsu dengan berbagai tipe total ada 9 buah kami terima hari ini dari pelimpahan oleh penyidik Polrestabes Surabaya," terang Kajari Tanjung Perak, Aji Kalbu Pribadi melalui Kasi Intelijen Putu Arya.

Didampingi Kasi Pidum Kejari Surabaya, Hamonangan Parsaulian Sidauruk, Putu menjelaskan jika perkara ini bermula, ketika tersangka Medina Zein menawarkan tas Hermes kepada Saksi Uci Flowdea pada 28 Juli 2021 melalui  aplikasi baca pesan (chat) media sosial Whatsapp.

"Merasa tertarik, saksi korban akhirnya membeli sembilan buah Tas Hermes yang dibayar dengan cara transfer ke rekening milik orang lain sesuai dengan permintaan tersangka," jelas Putu.

Tas Hermes yang dijual tersangka Medina Zein tersebut, lanjut Putu, ternyata Palsu. Hal itu diketahui setelah saksi Uci Flowdea memeriksakan dan menunjukkan tas yang dibelinya tersebut ke pihak Hermes Internasional.

"Tidak ada itikad baik dari tersangka Medina Zein untuk mengembalikan kerugian yang dialami saksi korban. Nilainya kurang lebih sebesar Rp. 1.395.000.000,- (satu milyar tiga ratus sembilan puluh lima juta rupiah)," urainya.

Dalam perkara ini, Medina Zein disangkakan dengan pasal berlapis, yakni pertama Pasal 62 ayat (1) jo. Pasal 9 ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen atau kedua pasal 378 KUHP tentang penipuan. 

"Setelah pelimpahan tahap II ini, JPU segera melimpahkan berkas perkaranya ke Pengadilan Negeri Surabaya untuk disidangkan," sambung Putu.

Pada kasus penipuan ini Medina Zein tidak ditahan oleh penyidik Polrestabes Surabaya maupun Kejari Tanjung Perak.

"Dia (tersangka Medina Zein) ditahan dalam perkara lain, perkara di Jakarta," tandas Putu Arya. (Yulianto)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Selebgram Medina Zein Segera Diadili di PN Surabaya atas Kasus Penipuan Jual Beli Tas Hermes Palsu Rp 1,3Milyar

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT