Kamis, 09 Februari 2023
Kriminal

Terekam CCTV, Pria Terduga Pelaku Pencurian Mixer Masjid di Situbondo Dibekuk Polisi.

profile
Sarwo

05 Desember 2022 21:22

563 dilihat
Terekam CCTV, Pria Terduga Pelaku Pencurian Mixer Masjid di Situbondo Dibekuk Polisi.
HAH (63) terduga pelaku bersama barang buktinya saat digelandang petugas ke Mapolres Situbondo (SJP)

KABUPATEN SITUBONDO – Berkat rekaman CCTV, seorang pria terduga pelaku pencuri mixer alat pengatur suara (Amplifier) di Masjid Nurul Hidayah di Dusun Utara, Desa Kotakan, Kecamatan Kota, Kabupaten Situbondo berhasil dibekuk polisi, Senin (5/12/2022) siang.

Berdasar laporan korban H Pairan (60) takmir masjid desa setempat pada hari Minggu 4 Desember 2022 ke Mapolsek Kota Situbondo dengan bukti rekam cctv yang terpasang didalam masjid.

Tim Opsnal Satreskrim wilayah tengah Polres Situbondo yang dipimpin Aiptu I Wayan Parka, berhasil membekuk seorang pria terduga pelaku berinisial HAH (63) warga Prajekan Lor, Cangkring, Kecamatan Prajekan Bondowoso dirumahnya.

Selain berhasil mengamankan pelaku, dari tangan pelaku petugas juga berhasil mengamankan sejumlah barang bukti.

Diantaranya, 1 unit Amplifier merk perfect Pro FXB warna hitam dan 1 unit sepeda motor Yamaha Mio GT nopol P 6020 AI warna putih yang digunakan pelaku saat melancarkan aksinya.

Sumber data yang diperoleh, peristiwa pencurian baru diketahui sekitar pukul 11.15 WIB, oleh Baijuri (57) salah muadzin di masjid tersebut, saat hendak melakukan adzan duhur.

Saat dirinya memegang mic, pengeras suara yang ada di masjid tersebut tidak berbunyi. Setelah di cek ternyata mixer sudah tidak ada pada tempatnya. Setelah memeriksa keseluruh ruangan, tumpukan sarung marbot milik masjid juga diketahui hilang.

Berdasar dari rekaman CCTV yang terpasang di dalam masjid, pada hari Minggu kemarin, sekitar pukul 09.46 WIB, terlihat pelaku beraksi seorang diri dengan mengendarai sepeda motor metik jenis Yamaha Mio GT warna putih. 

Dari rekaman CCTV juga terlihat jelas, terduga pelaku memakai rompi dan celana panjang warna cokelat muda dengan kaos lengan pendek berwarna hitam, memakai topi warna merah serta memakai penutup wajah (Masker) dan alas kaki berwarna hitam saat melakukan aksinya.

Setelah masuk masjid, terduga pelaku keluar dengan membawa tumpukan kain dan memasukan kedalam jok sepeda motor tersebut.

Tidak hanya itu, terduga pelaku kemudian masuk lagi, dan keluar membawa tas plastik warna merah muda dan menaruhnya didepan jok tengah sepeda motornya.

"Kalau dilihat dari CCTV, pelaku masuk ke ruang dan mencuri itu hanya beberapa menit saja. Setelah berhasil membawa barang hasil curiannya, pelaku kabur dengan menggunakan sepeda motornya. Barang yang hilang, satu mixer dan tumpukan sarung marbot yang juga milik masjid. Berdasar dari rekaman CCTV tersebut, H Paikan (60) selaku takmir masjid kemudian melapor ke Mapolsek Kota,"kata muadzin masjid Nurul Hidayah, Baijuri, Senin (5/12/2022) siang.

Kasi Humas Polres Situbondo, Iptu Achmad Sutrisno membenarkan, setelah merima laporan dari Polsek kota, tim Resmob wilayah tengah Polres Situbondo, langsung melakukan penyelidikan.

Kurang dari 24 jam, tim Resmob berhasil mengamankan seorang pria terduga pelaku pencurian dengan pemberatan bersama barang bukti kejahatannya ke Mapolres Situbondo.

"Hingga saat ini penyidik masih melakukan pemeriksaan terhadap terduga pelaku. Guna proses penyidikan lebih lanjut dan untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, terduga pelaku sudah dijebloskan ke ruang tahanan Mapolres Situbondo,"tukas Iptu Achmad Sutrisno. (Sarwo)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Terekam CCTV, Pria Terduga Pelaku Pencurian Mixer Masjid di Situbondo Dibekuk Polisi.

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT