Selasa, 24 Mei 2022
Kriminal

Umrah Murah dan Investasi Bodong Tipu Ratusan Orang di Mojokerto, Kerugian Miliaran

profile
Andy

16 November 2021 16:49

110 dilihat
Umrah Murah dan Investasi Bodong Tipu Ratusan Orang di Mojokerto, Kerugian Miliaran
Pelaku saat diamankan di Mapolres Mojokerto

MOJOKERTO - Berkedok tawaran umrah murah dan investasi miliaran rupiah pria di Mojokerto harus berurusan dengan polisi. Pria bernama Muchammad Nasir ini mengelabui ratusan korbannya dengan kedok investasi dan umrah murah yang ditawarkan kepada masyarakat.

Kapolres Mojokerto AKBP Apip Ginanjar menyampaikan, aksi tersangka Muchammad Nasir (43) warga Nginden Jangkungan ini dilakukan sejak pertengahan tahun 2019 saaat datang ke Mojokerto untuk menawarkan jasa pemberangkatan Umroh.

"Nasir ini menawarkan jasa pemberangkatan umrah hanya dengan Rp 10 juta, padahal pada saat itu biaya Umroh berada di kisaran Rp 21 hingga 27 juta," terang AKBP Apip Ginanjar, saat memimpin rilis pada Selasa (16/11/2021) di Mapolres Mojokerto.

Dirinya menambahkan, sekitar bulan April 2020 tersangka datang ke Mojokerto untuk menawarkan, dan meyakinkan investasi dengan keuntungan menggiurkan, yakni 14 persen dalam waktu 15 bulan. "Dengan modal mulai 1 juta tentunya banyak orang yang tergiur untuk bergabung. Alhasil tersangka berhasil meyakinkan 13 orang dengan total nilai investasi 130 juta rupiah," jelasnya.

Menyambung Kapolres, Kasat Reskrim Polres Mojokerto AKP Tiksnarto Andaru Rahutomo menjelaskan, tak hanya 13 orang yang mengalami kerugian ninvestasi bodong tersebut. "Masih ada 15 orang lainnya yanv tertipi investasi bodong ini, dengan nilai investasi masing-masing orang 7 juta 500 ribu rupiah. Dari Sidoarjo ada 3 orang, Bangkalan 1 orang, Pasuran 4 orang, Gresik 2 orang, Indramayu sebanyak 3 orang dan terakhir Mojokerto ada 2 orang," rinci Andaru.

Lebih lanjut dikatakannya, sedangkan untuk investasi usaha dengan korban dari Mojokerto totalnya 284 juta rupiah dan masih ada 200 orang dengan total kerugian mencapai 1,5 Miliar rupiah. Korban penipuan mencapai 232 orang dengan total kerugian Rp 2,027 miliar.

"Tersangka kita kenakan pasal 378 KUHP dengan ancaman hukuman selama-lamanya 4 tahun penjara," tutupnya. 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Umrah Murah dan Investasi Bodong Tipu Ratusan Orang di Mojokerto, Kerugian Miliaran

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

1 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT