Kamis, 09 Februari 2023
Kriminal

Wanita di Banyuwangi Hendak Selundupkan Ratusan Pil Trex ke Lapas Lewat Serbuk Sereal

profile
Ikhwan

17 Januari 2023 17:27

1.3k dilihat
Wanita di Banyuwangi Hendak Selundupkan Ratusan Pil Trex ke Lapas Lewat Serbuk Sereal
Serbuk minuman sereal bercampur pil trex yang akan diselundupkan ke Lapas Kelas II A Banyuwangi, Selasa (17/1/2022).

BANYUWANGI - Aksi wanita di Banyuwangi terbilang nekat. Wanita berinisial LA (34) asal Kecamatan Siliragung, hendak menyelundupkan pil trihexypenidyl ke dalam Lapas Kelas II A Banyuwangi.  

Untuk mengelabui petugas, ratusan butir pil trex itu dihancurkan lalu dicampur ke dalam serbuk minuman sereal.  Beruntung aksinya diketahui sehingga penyelundupan obat daftar G itu dapat digagalkan oleh petugas. 

Kalapas Banyuwangi Wahyu Indarto mengatakan, dari hasil pemeriksaan paket makanan itu ternyata hendak dikirim ke salah seorang warga binaan. Dia adalah pria berinisial NN (32), narapidana kasus narkoba ancaman pidana 7 tahun. 

"Wanita itu mengaku sebagai istri siri dari WBP tersebut," kata Wahyu Indarto kepada wartawan. 

Kejadiannya sekitar pukul 09.30 WIB, Selasa (17/1/2022). Wanita itu datang ke Lapas bersama anaknya, lalu menitipkan paket makanan dalam 3 kantong kresek. Diantaranya mie instan, serbuk kopi dan serbuk minuman sereal.  

Saat dilakukan pengecekan petugas menaruh curiga pada serbuk minuman sereal, karena terdapat campuran  serbuk putih semacam obat. Setelah dicek rupanya itu pil trihexypenidyl yang sudah dihaluskan.  

"Menurut keterangan wanita itu ada 20 sachet serbuk minuman sereal dijadikan satu dalam kantong kresek. Lalu dicampur menggunakan 100 butir pil trex yang telah dihaluskan. Ini modus baru," ujarnya. 

Pasca insiden itu, petugas Lapas kemudian turut memeriksa WBP berinisal NN. Dari hasil pemeriksaan rupanya serbuk minuman bercampur pil trex itu akan diedarkan di dalam lapas.  

"Menurut pengakuan yang bersangkutan akan dijual. Setiap seduhan estimasi 2 sendok makan, dijual dengan harga Rp 20 ribu sampai Rp 30 ribu," bebernya.

Foto : LA (Baju kuning) dan NN (Baju hitam) saat digelandang oleh petugas lapas.

Akibat insiden ini, WBP itu mendapatkan sanksi berupa strapsel selama 2 kali 6 hari. Selanjutnya akan dilakukan BAP dan kemudian menjalani sidang TPPK untuk menentukan hukuman disiplinnya. 

"Untuk LA kita serahkan ke Polresta Banyuwangi untuk diproses lebih lanjut," ujarnya. 

Sementara itu, Kaur Mintu Satresnarkoba Polresta Banyuwangi Aipda Anton Hendrawan menambahkan, pihaknya akan mendalami asal muasal barang. 

"Berdasarkan pengakuan si perempuan yang membawa barang, katanya berasal dari inisial A. Ini akan kami dalami," ujarnya. (Ikhwan)

Editor: Vebriansyah

Tags
Anda Sedang Membaca:

Wanita di Banyuwangi Hendak Selundupkan Ratusan Pil Trex ke Lapas Lewat Serbuk Sereal

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT