Selasa, 27 September 2022
Lifestyle

Berlangsung Lima Hari, Majafest 2022 Targetkan Perputaran Ekonomi hingga Rp 3 M

profile
Andy

18 Agustus 2022 20:18

678 dilihat
Berlangsung Lima Hari, Majafest 2022 Targetkan Perputaran Ekonomi hingga Rp 3 M
Tarian pembuka Press Conference Majafest 2022 di Pendopo Graha Majatama, Pemkab Mojokerto, Kamis (18/8/2022) sore. (SJP)

MOJOKERTO - Setelah berhasil tahun 2021 lalu, Dinas Kebudayaan Pemuda Olah Raga dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Mojokerto kembali menghelat Majafest 2022 di Trawas.

Perhelatan akbar Majafest 2022 ini berlangsung selama lima hari berturut-turut mulai tanggal 23 hingga 27 Agustus 2022 mendatang di tiga titik. Yakni, lapangan Trawas, Puncak Trawas dan Paseban Agung.

Beragam acara mulai dari pameran ekonomi kretif (ekraf) kabupaten Mojokerto, lomba pariwisata digital, festival makanan khas kabupaten Mojokerto, pemecahan rekor Muri 1000 hidangan sambel wader dalam layah, lomba desain motif batik khas kabupaten Mojokerto, Mojokerto Tourism Award, fashion show yang melibat kepala OPD.

Kepala Disbudporapar Kabupaten Mojokerto, Norman Handhito menyampaikan, kegiatan ini adalah pembukaan event besar yang akan digelar pada bulan ini. Yaitu, Majafest tahun 2022, yang bertujuan untuk peningkatan pariwisata dan ekonomi khususnya pasca pandemi Covid-19.

Beragam event di Majafest 2022, Trawas

"Majafest 2022 ini dipusatkan di wilayah kecamatan Trawas. Yang mana, dibagi menjadi 3 titik dan telah disiapkan 60 tenda dari Bank Jatim untuk memeriahkan dan menyukseskan Majafest kali ini," ungkap Norman Handhito dalam Press Conference / konferensi pers bersama wartawan dan influencer di Pendopo Graha Majatama, Pemkab Mojokerto, Kamis (18/8/2022) sore.

Lebih lanjut, Norman mengatakan, dalam pembukaan Majafest 2022 akan dihibur oleh kesenian asli Mojokerto, Bantengan, dan selama Majafest setiap malam akan di hibur oleh orkes lokal dan artis lokal yang sudah populer di Jawa Timur.

Miniatur sambal wader di layah

"Tak hanya itu, berbagai orkes, artis lokal hingga nasional pun akan tampil memeriahka perhelatan akbar ini. Antara lain, Jihan Audy dan orkes Denasz hingga Happy Asmara, sehingga Majafest tahun ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dalam hal ini meningkatkan perkonomian khususnya ekraf dan juga bisa mengembangkan pariwisata di Mojokerto," jelasnya.

"Diharapkan dengan adanya event Majafest 2022, perputaran uang selama lima hari nanti bisa mencapai Rp 3 miliar, mulai dari pameran ekraf yang nantinya menggunakan QRIS sehingga tidak ada transaksi yang memakai uang. Bagi mereka yang tidak mempunyai M-Banking sebagai sumber pembayaran QRIS nant dapat menukarkan uangnya dengan koin Mojopahit. Nominal 3 Miliar ini juga termasuk hotel, sudah kami cek pada tanggal 26 hingga 27 Agustus, semua hotel sudah penuh," tandasnya.

Dari kiri, Kadisbudporapar Norman Handhito dan Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati

Sementara itu, Bupati Mojokerto dr Ikfina Fahmawati menyampaikan, Majafest 2022 ini sengaja dilaksanakan di Trawas karena tempat ini sudah terkenal sebagai tempat wisata. Yang mana hampr setiap akhir pekan selalu ramai bahkan macet.

"Jadi, kegiatan Majafest 2022 ini memadukan antara seni budaya dan Ekonomi Kreatif. Sehingga membutuhkan tempat yang sudah dikenal oleh masyarakat. Bukan tidak mungkin, nantinya jika yang datang ke Trawas untuk berwisata, serta mengetahui adanya Majafest, bisa datang meramaikan bahkan membeli produk ekraf asal kabupaten Mojokerto," jelas Ikfina Fahmawti.

Lebih lanjut, Ikfina Fahmawati mengatakan, harapannya dengan adanya Majafest ini dapat mengembangkan pariwisata dan juga pemulihan ekonomi, seperti perhotelan, restoran dan juga homestay pasca pandemi Covid-19.

“Dalam event kali ini, kami juga melibatkan shtakeholder mulai dari pelaku ekonomi kreaktif, pelaku budaya, pelaku ekonomi dan juga jajaran OPD Kabupaten Mojokerto,' pungkasnya. (Andy)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Berlangsung Lima Hari, Majafest 2022 Targetkan Perputaran Ekonomi hingga Rp 3 M

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT