Rabu, 07 Desember 2022
Lifestyle

Edukasi Anak Usia Tumbuh Kembang, HSN Di Jember Tampilkan Fashion Aneka Ragam Buah Dan Hewan

profile
Rochul

23 Oktober 2022 13:03

960 dilihat
Edukasi Anak Usia Tumbuh Kembang, HSN Di Jember Tampilkan Fashion Aneka Ragam Buah Dan Hewan
Kegiatan Peringatan Hari Santri Nasional Dilapangan Desa Padomasan Kecamatan Jombang Jember. (SJP)

JEMBER – Hari Santri Nasional yang jatuh pada tanggal 22 Oktober 2022 kemarin tidak membuat serta merta anak didik terlena dan menyudahi peringatan tersebut.

Salah satunya sekolah dasar Nahdlatul Ulama Di Desa Padomasan Kecamatan Jombang Kabupaten Jember, Menggelar Santri Fashion Carnival dalam rangka peringatan hari santri pada Minggu  (23/10/2022).

Kegiatan oleh santri didik Sekolah Dasar NU Padomasan, mulai dari kelas 1 hingga kelas 6, tersebut dilakukan demi menumbuhkan kembangkan anak dalam hal kebersamaan dan pengenalan berbagai macam hewan maupun tumbuhan dan juga cerita pewayangan di era modern seperti saat ini.

Dengan dibagi tiga defile yakni defile buah buahan, defile hewan hewan, dan defile budaya inipun diharapkan anak didik bisa menjadi pribadi yang berwawasan luas di moment hari santri nasional ini.

Ketua panitia Santri Fashion Carnival, Angga Sanjaya mengatakan bahwa seluruh defile dalam pelaksanaan tahun ini, berbeda dari tahun tahun sebelumnya.

"Tiga defile ini mempunyai nilai edukasi yang tinggi bagi anak didik kami, defile buah buahan, khusus anak didik kelas 1-2, untuk lebih mengenal dan mengelorakan gerakan makan buah,.sedang defile hewan, khusus anak didik kelas 3-4, untuk lebih mencintai dan merawat hewan hewan yang terancam punah, dan terakhir defile budaya, diperagakan oleh anak didik kelas 5 dan 6, agar lebih melestarikan dan mencintai budaya budaya seperti wayang, reog dan batik," Kata Angga Sanjaya, Ketua Panitia Santri Fashion Carnival.


Ditanya lebih lanjut terkait seluruh desain dan fashion yang diperagakan dan di ikuti berapa peserta pihak panitia menjabarkan.

"sekitar 259 anak,  untuk kreasi murni buatan sendiri dibantu oleh wali santri. salah satunya seperti yang dibuat oleh siswa kelas 6, Rosa Azhati Tanjung, yang membuat pakaian dengan tema budaya wayang," ungkapnya.

Lebih lanjut ditanya waktu membuat kostum salah satu siswi kelas 6 menjelaskan.

"Saya buat dibantu ibu dan saudara saya pak. butuh waktu dua bulanan, untuk mencapai sebuah kostum gunungan wayang. Saya sangat senang bisa ikut memeriahkan acara Hari Santri Nasional di sekolah saya, Ini tahun terakhir saya ikut, karena tahun depan saya sudah lulus sekolah," terang Rosa Azhati Tanjung, Peserta Santri Fashion Carnival.

Perlu diketahui, kegiatan Fashion santri Carnival mengunakan Catwalk yang berada dilapangan desa dengan luas 16X8 dan panjang catwalk Fashion 15 Meter untuk para peserta ketika melenggang di atas panggung tinggi 1 Meter tersebut.

Setelah itu peserta yang sudah tampil alam berjalan keliling Desa berjarak 3 KM untuk menampikan hasil kreasi yang bisa dilihat langsung masyarakat sekitar.

Selain itu, Kegiatan yang di inisiasi langsung oleh kepala sekolah SD NU Padomasan Moh. Baits sulthon, M.Pd.I yang notabene adalah salah satu kandidat Doctor di fakultas UIN-khas mulai tahun 2017 hingga sekarang tersebut.

Pihaknya juga menjelaskan setiap tahun kegiatan akan dikemas secara lebih baik dan tidak menutup kemungkinan nanti akan di gelar pada malam hari demi menciptakan desa padomasan yang luar biasa.(Ulum)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Edukasi Anak Usia Tumbuh Kembang, HSN Di Jember Tampilkan Fashion Aneka Ragam Buah Dan Hewan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT