Kamis, 06 Oktober 2022
Lifestyle

Intip Wisata Tersembunyi di Perkebunan Bumisari Banyuwangi

profile
Ikhwan

28 Agustus 2022 20:41

497 dilihat
Intip Wisata Tersembunyi di Perkebunan Bumisari Banyuwangi
Perkebunan Bumisari Banyuwangi. (SJP)

BANYUWANGI – Tak banyak orang yang tahu, di area PT Perkebunan Bumisari Maju Sukses tersimpan air terjun yang cukup ciamik. 

Air terjun itu bernama Rotjorot (RJR) yang bila diartikan ke bahasa Indonesia adalah seluncuran.

PT Bumisari Maju Sukses telah meresmikan area itu menjadi tempat wisata. Siapapun dapat berkunjung ke tempat tersebut.

Peresmian dilakukan pada Minggu 28 Agustus 2022, dihadiri oleh sejumlah stakeholder dan Pemerintah Kecamatan Songgon, dan Pemerintah Desa Bayu.

Sebagai rangkaian dari proses peresmian, juga dilaksanakan acara jalan sehat yang menyusuri area perkebunan. 

Kepala Desa Bayu, Sugito mengatakan ide pemanfaatan air terjun RJR tersebut adalah hasil kolaborasi pemerintah desa dengan perkebunan Bumi Sari.

Dengan harapan, wisata tersebut dapat memantik pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Saat ini sudah menyatu antara desa dan perkebunan untuk mengembangkan pariwisata, sehingga kedepan sama-sama berencana akan dibangung villa. Sehingga bisa mengembangkan perekonomian warga," kata Sugito.

ADM Bumisari Sudjarwo mengatakan, wisata RJR merupakan tindak lanjut dari tim terpadu Bumisari yang telah melakukan MOU dengan Desa Bayu. 

Misi utama dari Bumisari adalah menjadikan Kebun Agrowisata, dimana aksesnya telah terintegrasi dengan Kawah Ijen.

"Mendatang tidak hanya disini, semua afdeling kita gali potensi untuk wisata. Jadi wisata RJR ini, merupakan titik awal dari banyak potensi yang akan kita kembangkan sebagai wisata,” kata dia.

Wisata air terjun RJR, teringtregasi dengan Afdeling Pagoda. Dimana tempat tersebut menyimpan pemandangan alam indah dan gua bersejarah.

Di tempat tersebut Bumisari rencananya akan membangun homestay atau cafe serta UMKM yang akan menjadi galeri dan market place produk perkebunan.

"Untuk itu, dengan melihat potensi yang banyak dimiliki oleh Bumisari akan mengedepankan wisata yang banyak dicari orang. Tentunya tetap dengan kemurnian dan kealamian tempat, serta kita kembangkang untuk kemajuan Desa Bayu dan akan dikembangkan sebuah wisata edukasi," ucapnya.

Masih Sudjarwo, Bumisari selalu mengedepankan etos kerja dan berinovasi. Karena mengandalkan hasil produksi dari tanaman perkebunan yang semakin menurun akan berat.

Oleh sebab itu, harus ada pendapatan lain dari pendapatan pokok untuk membantu para karyawan dan masyarakat sekitar.

"Dengan mengangkat wisata di wilayah Perkebunan Bumisari ini, tentunya untuk mengangkat perekonomian warga. Masyarakat sekitar juga bisa memanfaatkan peluang berusaha mencari nafkah di sekitar Perkebunan nantinya," tandasnya. (Ikhwan)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Intip Wisata Tersembunyi di Perkebunan Bumisari Banyuwangi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT