Rabu, 17 Agustus 2022
Lifestyle

Kucur Mahkota Gandrung Luminor Hotel Raih Podium dalam Ajang Festival Kucur Banyuwangi

profile
Ikhwan

28 Juli 2022 08:26

490 dilihat
Kucur Mahkota Gandrung Luminor Hotel Raih Podium dalam Ajang Festival Kucur Banyuwangi
Display Kucur Mahkota khas Banyuwangi. (SJP)

BANYUWANGI - Kucur Mahkota Gandrung kreasi Luminor Hotel Banyuwangi meraih peringkat ke 3 dalam ajang Festival Kucur yang diselenggarakan pemkab setempat, Selasa (26/7/2022) kemarin.

Prestasi yang membuktikan kreasi kuliner di Luminor Hotel adalah salah satu yang terbaik dan patut dicicipi ketika berkunjung ke Bumi Blambangan ini.

Food and Baverage Manager Luminor Hotel Banyuwangi, Ardy Sutawan mengapresiasi adanya Festival Kucur yang diselenggarakan oleh pemkab tersebut.

Dikemas menarik dengan kreativitas festival membuat jajanan tradisional yang terkesan kuno akan semakin berkelas.

Dalam festival itu, Luminor Hotel menyajikan konsep 'Kucur Mahkota Gandrung'. Sebuah konsep yang merepresentasikan Banyuwangi dalam sajian kuliner.

"Konsep kucur mahkota gandrung ini kami pilih karena kami ingin memodernkan kucur khas banyuwangi melalui visual yang menarik," kata Ardy, Rabu (27/7/2022).

Dalam konsep itu, lanjut Ardy, kucur yang biasanya nampak datar dan keriput di 'touch up' hingga nampak modern dan menarik.

Kucur diberi mahkota dari wafle panggang atau touille. Mahkota itu melambangkan emas, kekayaan daerah hinggga wilayah Banyuwangi yang luas.

Di sekelilingnya, diberi ragam kondimen seperti jelly kopi, kacang remuk, dan saus aren. Kondimen itu melambangkan agrobisnis Banyuwangi. 

"Kami memilih memasukkan nama gandrung karena tarian ini khas Banyuwangi. Tarian visual representatif yang bisa langsung 'menghipnotis' yang melihatnya. Sehingga lengkap dan pas representasi Banyuwangi dalam sajian kucur kami ini," ujarnya.

Terpisah, General Manager Luminor Hotel Banyuwangi, Ferdian Indrayana mengapresiasi prestasi yang diraih oleh tim Food and Baverage Luminor Hotel.

Prestasi itu akan memicu kreativitas inovasi, sehingga Luminor Hotel dapat menyajikan kreasi kuliner yang semakin menarik dan enak untuk dinikmati tentunya.

"Terimakasih Banyuwangi sudah memberikan wadah. Semoga berdampak besar bagi daerah, memicu kreativitas sehingga kuliner tradisional bisa semakin naik kelas," kata dia.

Sebagai informasi dalam Festival Kucur yang diselenggarakan Pemkab Banyuwangi diikuti oleh puluhan peserta yang berasal dari latar belakang berbeda.

Mulai dari chef restoran, masyarakat umum hingga pelajar sekolah. Selain ajang lomba, festival ini juga wadah untuk membawa kuliner tradisional naik kelas.

Lebih jauh ini juga merupakan wadah untuk lebih meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang mengolah kuliner tradisional menjadi lebih menarik.

Adapun juara dalam Festival Kucur ini, juara 1 yakni Osing Deles, juara 2 resto Srengenge Wetan dan juara 3 Luminor Hotel. (Ikhwan)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Kucur Mahkota Gandrung Luminor Hotel Raih Podium dalam Ajang Festival Kucur Banyuwangi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT