Jumat, 03 Februari 2023
Lifestyle

Libur Nataru Yuk ke Kawasan Konservasi Penyu Pantai Cemara Banyuwangi, Bisa Ikut Lepas Tukik Lho

profile
Ikhwan

30 Desember 2022 20:45

505 dilihat
Libur Nataru Yuk ke Kawasan Konservasi Penyu Pantai Cemara Banyuwangi, Bisa Ikut Lepas Tukik Lho
Kawasan Konservasi Penyu di Pantai Cemara Banyuwangi. (SJP)

KABUPATEN BANYUWANGI – Bagi anda yang masih bingung tempat liburan, Banyuwangi adalah solusinya. 

Dianugerahi gugusan gunung, pantai dan hamparan hutan, menempatkan Banyuwangi sebagai salah satu destinasi wisata alam kelas wahid di Indonesia.

Salah satu yang tidak boleh terlewat saat berwisata di Banyuwangi adalah berwisata ke Pantai Cemara. 

Mengapa, karena selain mendapatkan suasana rindang nan asri dari gugusan pohon cemata, anda juga bisa menyaksikan penangkaran penyu secara langsung.

Bila beruntung anda juga bisa melepaskan anakan penyu atau tukik secara langsung ke laut.

Di momen libur natal dan tahun baru ini, pengelola pantai cemara telah menyiapkan puluhan ekor tukik. Bagi wisatawan yang berminat bisa langsung melepasliarkan hewan langka itu ke laut.

"Kami siapkan 70 ekor tukik yang bisa dilepasliarkan oleh wisatawan yang datang," kata Kepala KUB Pantai Cemara, Muhammad Mukhyi, Kamis (29/12/2022).

Mukhyi menyebut, penangkaran penyu di Pantai Cemara ini adalah bagian dari konservasi. Sejak dari dulu di kawasan pesisir Pantai Cemara kerab digunakan penyu untuk bertelur. 

Jenis penyu yang sering bertelur di Pantai Cemara adalah Penyu Lekang dan Penyu Hijau.

Melihat peristiwa itu, masyarakat sekitar mulai menjaga dan merawat sekitar pantai dengan cara menjaga kebersihan dan merawat Pohon Cemara serta Pohon Mangrove supaya Penyu tetap nyaman untuk bertelur di Pantai Cemara Pakis.

"Kami ingin anak cucu masih bisa melihat Penyu secara langsung," kata dia.

Muhyi, menambahkan, banyak dari pengunjung yang tertarik untuk belajar terhadap konservasi yang telah dilakukan oleh Pokmaswas/KUB Pantai Rejo.

“Mulai dari anak-anak TK hingga perusahaan yang mengadakan gathering meminta kami untuk menjelaskan tentang Penyu,” ucapnya.

Selain itu, anggota dari Pokmaswas/KUB Pantai Rejo selalu memberikan sosialisasi untuk menjaga kelestarian Penyu kepada setiap pengujung. Diantaranya seperti, memberitahu bahwa Penyu termasuk hewan dilindungi, ekosistemnya dilautan sangat terbatas, jangan makan telur Penyu, jangan buang sampah sembarangan dan jangan mengambil telur Penyu.

Perlu diketahui, mulai dari awal mula melepas tukik (anakan Penyu) pada tahun 2014 hingga saat ini. Pokmaswas/KUB Pantai Rejo sudah melepasliarkan puluhan ribu tukik.

Sebagai informasi, Untuk tiket masuk ke tempat wisata ini, pengunjung dikenakan tarif Rp.5000,00. Tentunya, sangat ekonomis bukan. Selain mendapatkan foto-foto yang keren, tentunya juga mendapatkan edukasi seputar tentang Konservasi Penyu. Bagaimana? kalian tertarik? Yuk, buruan datang Pantai Cemara Pakis. Jangan lupa ajak keluarga, sahabat dan teman-teman yaa. (*)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Libur Nataru Yuk ke Kawasan Konservasi Penyu Pantai Cemara Banyuwangi, Bisa Ikut Lepas Tukik Lho

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT