Senin, 28 November 2022
Lifestyle

Mengenal Pindang Koyong, Kuliner Olahan Ikan Khas Nelayan Banyuwangi

profile
Ikhwan

16 Oktober 2022 18:24

502 dilihat
Mengenal Pindang Koyong, Kuliner Olahan Ikan Khas Nelayan Banyuwangi
Kuliner khas nelayan Banyuwangi

BANYUWANGI - Kabupaten Banyuwangi memiliki posisi strategis sebagai sebuah daerah di Indonesia. Secara letak geografis, Banyuwangi ini cukup diuntungkan berada di sisi Ujung Timur Pulau Jawa. 

Secara topografi alam, Banyuwangi cukup kaya karena dikelilingi gunung dan hutan yang masih asri. Disisi lain posisinya juga berbatasan langsung dengan Laut Selatan dan Selat Bali. Kondisi itu mempengaruhi kebudayaan, adat istiadat, kesenian bahkan kulinernya.

Salah satu kuliner olahan hasil laut yang cukup terkenal di Banyuwangi adalah Pindang Koyong. Menu yang satu ini merupakan olahan ikan laut dengan bumbu yang dominan asam yang menyegarkan. 

Pindang koyong dibuat dari bumbu yang umum dipakai dalam masakan. Seperti bawang putih, bawang merah, kunyit, cabe rawit, tomat. Agar menu ini semakin segar pindang koyong ini juga dilengkapi serai, daun jeruk, blimbing wuluh dan Jahe.

Salah satu warung yang menyajikan menu Pindang Koyong adalah Warung Paju Gandrung. Warung milik Sukirno, 47 tahun, ini berada di Jl. KH. Agus Salim Banyuwangi ini buka dari pukul 10.00 WIB-22.00 WIB.

Owner Paju Gandrung, Sukirno menjelaskan pindang koyong menjadi salah satu menu andalan di warungnya.

Banyak wisatawan dari berbagai daerah yang ingin mencicipi kuliner khas Banyuwangi tersebut.

"Per hari bisa sampai 20 sampai 25 porsi yang terjual," kata Sukirno.

Sukirno menyebut ikan yang diolah menjadi Pindang Koyong dapat disesuaikan dengan selera. Namun yang paling enak adalah ikan jenis pancingan.

"Kalau di kami biasanya menggunakan ikan layang," bebernya.

Bagi yang tidak suka bau amis, tidak perlu kuatir. Perpaduan bumbu rempah mampu mengusir bau amis tersebut.

"Makanan ini sangat cocok dikonsumsi kapan pun, entah itu pagi, siang ataupun malam," ujarnya.

Salah satu pengunjung Warung Paju Gandrung, Prasetyo Aji, (25) mengatakan, dirinya mengaku baru pertama kali merasakan kuliner pindang koyong ini.

 Dia awalnya tertarik dari namanya yang unik. Apalagi masakan ini merupakan menu khas Banyuwangi. Begitu dia rasakan, ternyata rasanya lezat.

"Awalnya saya tertarik dari namanya. Setelah saya coba, ternyata memang rasanya seunik namanya. Ada asamnya, gurihnya dan juga hangat," kata warga Surabaya ini.

Publisher : Syahrul

Tags
Anda Sedang Membaca:

Mengenal Pindang Koyong, Kuliner Olahan Ikan Khas Nelayan Banyuwangi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT