Kamis, 06 Oktober 2022
Lifestyle

Ratusan Warga Dusun Wunut Makan Bersama di Atas 777 Meter Daun Pisang

profile
Andy

16 Agustus 2022 23:41

575 dilihat
Ratusan Warga Dusun Wunut Makan Bersama di Atas 777 Meter Daun Pisang
Ratusan warga dusun Wunut makan bersama di atas daun pisang sepanjang 777 meter. (SJP)

MOJOKERTO - Dalam rangka memperingati HUT RI ke-77, ratusan warga Dusun Wunut, Desa Sampangagung, Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto mengadakan tasyakuran, Selasa  (16/9/2022) malam.

Malam tasyakuran merayakan Hari Kemerdekaan RI ke 77, dikemas makan bersama di atas daun pisang yang membentang sepanjang 777 Meter. 

Ratusan lembar daun pisang yang ditata sedemikian rupa, sehingga membentang di atas jalan cor kampung itu, telah menambah pernak-pernik keunikan warga dalam merayakan HUT Ri kali ini. 

Nampak, kekompakan serya antuasias warga, mulai dari anak-anak sampai orang tua tumpah ruah di jalan utama kampung, sekaligus untuk merayakan HUT RI ke-77. 

Berbagai hidangan pun tersaji, seperti nasi kuning, nasi jagung, nasi putih dengan berbagai lauk seperti lodeh, urap-urap, ayam kare bahkan sate pun siap disantap sekutar 800 warga yang hadir.

Kepala Dusun Wunut, Susilo mengatakan, disamping untuk merayakan malam HUT RI ke 77, kegiatan makan bersama diatas daun pisang ini, juga merupakan tradisi zaman nenek moyang kita, yang mempunyai kebiasaan makan bersama diatas daun pisang. 

"Seperti halnya, mengingatkan kembali terhadap para pahlawan yang telah berjasa dengan berjuang dalam memerdekakan NKRI," tutur Susilo.

Lebih lanjut, Susilo.menyampaikan, setiap tahun, dalam merayakan HUT RI, semua warga disini selalu kompak. Termasuk di acara makan bersama ini, masing masing warga dengan rela membawa sendiri makanan dengan berbagai menu. 

"Di atas daun pisang yang membentang sepanjang 777 Meter, semua berbagai menu makanan ditaruh diatas daun pisang. Setelah, sedikit sambutan tentang peringatan agustusan, lalu berdoa dan selanjutnya, semua warga menikmati berbagai menu makanan diatas daun pisang itu," terang Susilo.

Sementara itu, Eni Emistya salah satu warga yang ikut makan bersama, mengaku sangat senang dengan adanya makan bersama diatas daun pisang. Dia bersama warga lainnya, sangat terasa hikmat dari kemerdekaan. 

"Saya, bersama semua keluarga saya juga hadir dan ikut makan bersama. Bisa menjalin tali sulaturrahim sesama warga. Dan terciptanya kerukunan di kampung ini," tandasnya. (Andy)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Ratusan Warga Dusun Wunut Makan Bersama di Atas 777 Meter Daun Pisang

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT