Senin, 27 Juni 2022
Lifestyle

Selain Jelajah KKN Desa Penari, Ini Destinasi yang Bisa Dinikmati Ketika Berkunjung ke Songgon Banyuwangi 

profile
Ikhwan

20 Juni 2022 17:15

284 dilihat
Selain Jelajah KKN Desa Penari, Ini Destinasi yang Bisa Dinikmati Ketika Berkunjung ke Songgon Banyuwangi 
Lokasi perkemahan di desa penari

BANYUWANGI - Kecamatan Songgon, Banyuwangi mendadak naik daun dan jadi perbincangan hangat masyarakat Indonesia.

Itu terjadi pasca pemutaran film KKN Desa Penari garapan Manoj Punjabi. 

Cerita, properti dan latar yang ditampilkan dalam film begitu mensugesti masyarakat bahwa KKN Maut itu benar terjadi di Banyuwangi.

Lantas prasangka itu diletakkan pada daerah terpencil di sisi barat Banyuwangi tepat berada di kaki Gunung Raung. Daerah itu diberi nama Songgon.

Ya, banyak dari mereka akhirnya datang langsung ke Songgon untuk mencari jawaban untuk memuaskan atas apa yang menjadi rasa penasarannya.

Kesan baru sebagai wilayah yang dikenal horor dan angker kini pun melekat pada Songgon.

Namun eitsss tunggu dulu, jangan mudah terbawa asumsi. Tahukah kalian, bila Songgon tak hanya terkenal karena KKN Desa Penari saja lho. 

Jauh-jauh hari sebelum cerita itu viral, Songgon sudah lebih dulu dikenal menjadi surganya destinasi wisata alam paling top di Bumi Blambangan ini. 

Salah satunya destinasi yang ada di Pinus Camp 2, di Desa Sumberbulu ini. Ada beragam fasilitas menarik yang bisa dijajal ketika berlibur di tempat tersebut.

Pengelola Pinus Camp 2, Yusuf Sugiono mengatakan fasilitas pertama yang bisa dicoba adalah berkemah di alam.

Berbeda dari tempat lain, berkemah di Pinus Camp 2 pengunjung bisa merasakan pengalaman baru yakni berkemah tepat di bantaran kali badeng. 

Mendengar gemercik air sungai, nuansanya begitu tenang, pas untuk mengurai penat selepas aktivitas kerja. 

"Semua dirancang untuk pengunjung bisa having fun. Dibuat senyaman mungkin sehingga pas untuk berbincang dan bersantai bersama keluarga ataupun rekan kerja," kata dia.

Selanjutnya, fasilitas yang bisa dipilih adalah Tour Jeep berkeliling di kawasan hutan yang berada kaki Gunung Raung. 

Ya, jalur lintasan yang berlokasi di lereng Gunung Raung tersebut memiliki medan yang dapat memacu adrenalin. Mulai dari tanjakan, turunan, sungai, medan berlumpur dan juga hutan.

Yusuf mengatakan ada 3 item yang bisa dicoba yakni, Offroad Ekstrem, Fun Offroad, dan Offroad Jelajah Destinasi.

"Offroad Ekstrem medan yang kita tawarkan mulai sungai, jurang, tanjakan, medan berlumpur 400 meter dengan jarak tempuh kurang lebih 8 kilometer di kawasan hutan," kata Yusuf.

Para wisatawan kategori bukan profesional tetap bisa menjajal namun dengan Fun Offroad atau medan ringan yang telah disiapkan pengelola.

"Wisatawan juga bisa bermain jeep semi adventure, kita tour jeep jelajah wisata selingkar Songgon. Kita berkunjung ke destinasi dengan konsep berpetualang menuju air terjun yang ada di sekitar kaki Raung di Kecamatan Songgon," jelas Yusuf.

Tak hanya itu saja, Pinus Camp 2 juga menyediakan fasilitas arung jeram yang dilakukan di kali badeng. Kali yang menjadi salah satu aliran lahar dari Gunung Raung.

Dengan Medan yang cukup ekstrim, pengunjung akan merasakan sensasi adrenalin yang begitu memuncak. Namun jangan khawatir karena nantinya saat melakukan arung jeram pengunjung akan didampingi oleh profesional.

"Masih banyak fasilitas yang bisa dicoba ketika berlibur ke Pinus Camp Songgon, ada paint ball dan bila beruntung dan musimnya pengunjung juga bisa ikut memanen strawberry hutan. Untuk per masing-masing fasilitas dipatok tarif cukup murah hanya ratusan ribu rupiah saja," tandasnya.

Editor : Syahrul 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Selain Jelajah KKN Desa Penari, Ini Destinasi yang Bisa Dinikmati Ketika Berkunjung ke Songgon Banyuwangi 

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT