Kamis, 06 Oktober 2022
Lifestyle

Sendang Seruni 'Hidden Gem' di Banyuwangi, Cocok untuk Healing

profile
Ikhwan

04 September 2022 22:21

545 dilihat
Sendang Seruni 'Hidden Gem' di Banyuwangi, Cocok untuk Healing
Sunrise of Java di Banyuwangi. (SJP)

BANYUWANGI - Kabupaten Banyuwangi sudah sejak lama terkenal dengan keindahan alamnya. Banyak wana wisata yang bisa disinggahi ketika anda berkunjung ke kabupaten yang dijuluki 'Sunrise of Java' tersebut.

Salah satunya adalah wisata alam Sendang yang berada di Desa Tamansari, Kecamatan Licin.

Disana anda akan disuguhkan panorama alam yang masih asri dan segarnya sumber mata air alami. Cocok bagi kalian yang butuh healing seusai penat bekerja.

Pemandian alam ini muncul dari 7 sumber mata air alami yang dikombinasikan dengan konservasi hutan bambu.

Bahkan ada rumor yang berkembang di masyarakat, 7 sumber mata air alami di kawasan Sendang Sruni dipercaya bisa membuat awet muda.

Ketua Pokmas Sendang Sruni, Karsono membeberkan, wisata alam ini dulunya adalah sumber mata air jernih yang mengalir dari salah satu pegunungan ujung barat Desa Wisata Tamansari.

Sumber mata air itu dulunya mengalir membentuk seperti danau kecil yang sering digunakan untuk mandi oleh masyarakat setempat.

"Menurut nenek moyang dahulu Sendang Seruni pernah dibuat mandi para bidadari sehingga dipercaya bisa membuat awet muda," kata Karsono, Minggu (4/9/2022).

Karsono menyebut, sebelum dikembangkan jadi wisata, dulunya Sendang Sruni masih kawasan hutan. Akhirnya pada tahun 2014 dirawat oleh kelompok masyarakat setempat.

"Wisata ini dibuka pada tahun 2014, kemudian sangat dikenal dan mulai ramai pengunjung pada tahun 2019 hingga sekarang. Alhamdulilah adanya Sendang Seruni ekonomi masyarakat terangkat, karena UMKM diisi oleh warga setempat," cetusnya.

Sendang Seruni menjadi destinasi wisata alam yang tersembunyi di tengah kebun. Sendang Seruni berjarak sekitar 20 kilometer dari pusat Kota Banyuwangi atau bisa ditempuh dengan 30 menit perjalanan.

Untuk menuju lokasi kolam, pengunjung perlu berjalan menuruni tangga kurang lebih 5 menit. Bagi pengunjung yang menggunakan mobil, maka harus berjalan lebih lama hingga 10 menit, mengingat akses masuk hanya bisa dilewati roda dua. 

Namun jangan khawatir, di sepanjang jalan wisatawan akan disuguhi pemandangan perkebunan kopi yang rindang nan asri. Sedangkan untuk tiket masuk sangat murah hanya dengan Rp 5.000 sudah bisa mandi ataupun mengabadikan momen bersama keluarga, teman hingga pasangan.

Sesampainya di lokasi, wisatawan akan mendapati pemandangan kolam alam dengan air yang sangat jernih. Kolam alam ini dialiri tujuh sumber mata air, tiga di antaranya bersumber di dasar kolam. Pohon-pohon bambu yang mengelilinginya membuat suasana semakin sejuk dan elok dipandang.

Selain kolam untuk dewasa juga disediakan pemandian untuk kategori anak-anak. Pas banget untuk liburan keluarga. Wisata Sendang Seruni bisa kalian nikmati mulai Selasa-Minggu. Dibuka pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Semua kebutuhan pengunjung sudah dilengkapi pihak pengelola, mulai penjaga, sewa ban, area parkir, kamar mandi, lapak pedagang hingga gazebo untuk beristirahat. Sehingga Sendang Seruni sangat rekomendasi buat liburan kalian. (Ikhwan)

Editor: Doi Nuri 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Sendang Seruni 'Hidden Gem' di Banyuwangi, Cocok untuk Healing

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT