Rabu, 26 Januari 2022
Pendidikan

2 SMPN dan 1 SMAN Baru di Sidoarjo Akan Segera Dibangun Tahun Ini

profile
Krisna

11 Januari 2022 14:33

359 dilihat
2 SMPN dan 1 SMAN Baru di Sidoarjo Akan Segera Dibangun Tahun Ini

SIDOARJO - Tahun ini tiga sekolah baru bakal dibangun di Sidoarjo. Yakni, SMPN 2 Tulangan, SMPN 2 Prambon dan SMAN Sedati. Targetnya akhir tahun sudah selesai dibangun.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sidoarjo Tirto Adi menyebut untuk rencana pembangunan dua SMPN di bawah naungan Dinasnya saat ini masih dalam tahap penyiapan dokumen pembangunannya.

"SMPN 2 Tulangan sudah siap lahannya 2,2 hektare milik Pemkab Sidoarjo di Desa Grinting Tulangan, lokasinya cukup jauh dari SMPN 1 Tulangan," kata mantan Kadinsos itu.

Lahan tersebut sebelumnya adalah bekas tanah kas desa (TKD) Kelurahan Magersari Kecamatan Sidoarjo. Anggaran yang disiapkan untuk pembangunan SMPN baru itu sebanyak Rp 7,5 miliar.

"Untuk jumlah ruang kelas baru yang akan dibangun di sana belum diputuskan," kata Tirto.

Bisa jadi sekitar lima ruang kelas baru. Proses pembangunan biasanya bakal berlangsung selama enam bulan. Ditarget Desember mendatang sudah terbangun. Sedangkan, untuk lokasi SMPN 2 Prambon masih belum pasti.

"Kami masih survey, bersama Pemdes, Kecamatan dan lainnya. Kami cari lokasi yang jaraknya cukup jauh dengan SMPN 1 Prambon," terang Tirto.

Kebutuhan lahannya sekitar 2 hektare. "Di SMPN 2 Prambon anggaran yang disiapkan sebanyak Rp 17,3 miliar," kata Tirto.

Anggaran tersebut diperuntukkan untuk pembebasan lahan yang akan dijadikan sekolah dan juga untuk pembangunan fisiknya. Artinya, total anggaran untuk pembangunan dua SMPN baru di Sidoarjo tahun ini sebanyak Rp 24,8 miliar.

Tirto menyebut, meskipun lokasi belum ditentukan, namun dirinya memastikan akhir tahun ini pembangunannya juga sudah selesai. Sehingga awal tahun depan sudah bisa digunakan. Tirto menyebut, dua sekolah baru itu dibangun sebagai upaya pemerataan fasilitas pendidikan. Apalagi, saat ini penerimaan siswa masih berbasis zonasi.

Selain dua SMPN, tahun ini rencananya bakal dibangun SMKN baru di Sidoarjo. Yakni, SMKN Sedati. Pemkab sudah lahan seluas 17 hektare di RT 8 RW 4 Desa Banjarkemuning Kecamatan Sedati.

Namun, karena SMA maupun SMK menjadi tanggung jawab Pemprov Jatim, maka pembangunannya nantinya bakal di bawah naungan Pemprov Jatim. "Pembangunannya rencananya tahun ini juga, namun terkait detailnya kami masih akan rapat lebih lanjut dengan Pemprov Jatim karena SMK di bawah naungan Pemerintah Provinsi," pungkas Tirto.

Tags
Anda Sedang Membaca:

2 SMPN dan 1 SMAN Baru di Sidoarjo Akan Segera Dibangun Tahun Ini

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT