Rabu, 26 Januari 2022
Politik

20 Ribu Pemilih di Malang Komorbid, Dinkes Minta KPU Siapkan TPS Khusus

profile
Admin

07 Oktober 2020 10:19

202 dilihat
20 Ribu Pemilih di Malang Komorbid, Dinkes Minta KPU Siapkan TPS Khusus
Ilustrasi petugas KPPS jemput bola warga yang sakit

MALANG - Pelaksanaan Pilkada di Kabupaten Malang di tengah pandemi Covid-19 membuat Dinas Kesehatan terus berkoordinasi dengan KPU. Penerapan protokol kesehatan (Prokes) Covid-19 di setiap tahapan Pilkada menjadi perhatian utama, terutama saat tahapan coblosan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan penduduk yang padat. 

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Malang, Arbani Mukti Wibowo, mengaku sebenarnya khawatir bila tahapan pencoblosan di 9 Desember 2020 mendatang bisa menciptakan klaster penyebaran Covid-19 baru. 

"Secara kedinasan, kami sebenarnya khawatir. Karena dalam Pilkada nanti, terdapat partisipasi sekitar 20 ribu lebih, masyarakat di Kabupaten Malang yang dikategorikan sebagai komorbid (memiliki penyakit bawaan). Sehingga, memiliki potensi tinggi tertular Covid-19. Itulah mengapa, standar Prokes harus dijalankan dengan maksimal,” kata Arbani ditemui suarajatimpost, pada Rabu (7/10/2020). 

Pihaknya mengaku telah memberikan masukan kepada KPUD Kabupaten Malang, agar ke depan dapat memiliki prosedur dan pelayanan khusus bagi para pemilih saat Pilkada, terutama para komorbid.

β€œKalau bisa, nantinya khusus para penderita komorbid ini bisa difasilitasi oleh KPUD. Artinya, dapat tetap memilih, namun lokasi pemilihannya disesuaikan atau mungkin disiasati dapat memilih di rumahnya sendiri. Dengan kata lain, ada petugas KPUD yang berkunjung ke rumah-rumah para penderita komorbid ini, pungkasnya. (nes)

Tags
Anda Sedang Membaca:

20 Ribu Pemilih di Malang Komorbid, Dinkes Minta KPU Siapkan TPS Khusus

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT