Rabu, 19 Januari 2022
Pendidikan

20 Sekolah Siap Bersaing pada Lomba Adiwiyata Tingkat Kabupaten Malang

profile
Admin

16 November 2020 20:10

199 dilihat
20 Sekolah Siap Bersaing pada Lomba Adiwiyata Tingkat Kabupaten Malang
Bimtek yang dilakukan Dinas Pendidikan kepada rintisan calon sekolah adiwiyata

MALANG – Sebanyak 20 sekolah tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) terpilih oleh tim penilai Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Malang mengikuti lomba adiwiyata.


Dari 20 sekolah yang dimasukkan kategori sekolah adiwiyat, sejumlah kriteria menjadi pertimbangan tim penilai di antaranya, sisi sekolah peduli dan berbudaya lingkungan, pengembangan kurikulum berbasis lingkungan. Kemudian, pengembangan kegiatan berbasis partisipatif, pengelolaan dan pengembangan sarana pendukung sekolah.


Kepala Bidang Sekolah Menengah Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, Koko Subagyo menyatakan telah menyeleksi sekolah – sekolah di Kabupaten Malang dari beberapa kriteria yang sudah ditetapkan.

 

“Dinas Pendidikan Kabupaten Malang telah memilih 20 sekolah rintisan calon adiwiyata. Selanjutnya, kita akan serahkan ke Dinas Lingkungan Hidup untuk dibina lagi dan dilombakan Tingkat Kabupaten. Pemenangnya nanti akan dikirim ke tingkat provinsi,"ujar Kepala Bidang SMP," jelasnya.

 

Adapun 20 sekolah lanjut Koko, yang masuk kriteria sekolah adiwiyata setelah dilakukan seleksi yakni, SMPN 1 Pagelaran, SMPN 2 Pakisaji, SMPN 2 Singosari, SMPN 1 Kasembon, dan SMPN 1 Tirtoyudo.

 

Kemudian, SMPN 1 Ngajum, SMPN 1 Singosari, SMPN 1 lawang, SMPN 1 Donomulyo, SMPN 4 Kepanjen,serta SMP Islam 2 Pujon. Selanjutnya ada SMP PGRI Bululawang, SMPK Budi Mulia Lawang, SMPK ST Albertus Donomulyo, SMP Taufiqiyah Bululawang, SMP Sunan Ampel Poncokusumo, SMP Diponegoro Tumpang, SMP Budi Mulia Pakisaji, SMP NU Pakis, hingga SMP IT Asy-Syadzili Pakis.


Sebagai pembekalan dan memantapkan sekolah – sekolah tersebut, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Malang untuk melakukan bimbingan teknis (Bimtek) kepada rintisan calon sekolah adiwiyata, supaya lebih memantapkan lagi sekolah – sekolah yang akan dilombakan.

"Dengan adanya program Adiwiyata ini, sekolah bisa menumbuhkan karakter seperti melestarikan lingkungan. Hal ini bisa dilakukan seperti membersihkan sampah yang berserakan dan ikut melakukan penghijauan sekolah," pungkasnya. (nes)

Tags
Anda Sedang Membaca:

20 Sekolah Siap Bersaing pada Lomba Adiwiyata Tingkat Kabupaten Malang

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT