Sabtu, 22 Januari 2022
Peristiwa Daerah

200 Tenaga Kesehatan di Sidoarjo Terpapar Covid-19

profile
Krisna

26 Juli 2021 09:11

2.5k dilihat
200 Tenaga Kesehatan di Sidoarjo Terpapar Covid-19
Kadinkes Sidoarjo drg. Syaf Satriawaman

SIDOARJO - Sidoarjo dinyatakan darurat tenaga kesehatan Covid-19. Sebab ada sebanyak 208 tenaga kesehatan (Nakes) dinyatakan positif Covid-19, bahkan ada yang meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sidoarjo, drg. Syaf Satriawaman mengungkapkan bahwa nakes yang terpapar virus corona itu yang bertugas di Puskesmas dan di kantor dinas kesehatan.

“Nakes yang terpapar itu langsung melakukan isolasi mandiri, kalau yang parah ada yang sampai harus dirawat di rumah sakit,” katanya, pada Senin (26/7/2021). 

dr Syaf menambahkan,  jika data tersebut masih belum termasuk nakes yang ada di rumah sakit rujukan Covid-19. Karena hitungannya sendiri-sendiri.

“Kalau nakes yang bertugas di rumah sakit rujukan itu tidak termasuk yang ini, ada hitungannya sendiri,” tambahnya.

Dia menyampaikan dengan banyaknya nakes yang terpapar Covid-19 ini menganggu terhadap pelayanan kesehatan masyarakat, terutama pada saat vaksinasi yang sedang digencarkan sekarang.

“Kita sebenarnya kurang tenaga vaksinator, karena kondisinya banyak nakes kita yang terpapar,” ungkapnya.

Dalam upaya penanganan pasien Covid-19 tanpa gejala atau hanya memiliki gejala ringan, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo menyiapkan Shelter isolasi.

Setiap titik shelter ditangani tujuh tenaga kesehatan yang diambil dari organisasi profesi dan juga klinik-klinik yang ada di kota delta.

“Karena hanya untuk melayani pasien dengan gejala ringan atau tanpa gejala, kami hanya menyediakan tempat istirahat, tensi, alat pengukur suhu, oksigen dan obat-obatan," bebernya. 

Shelter isolasi di eks kawedanan Kabupaten Sidoarjo berada di Rusunawa Tambak Kemerakan Kecamatan Krian ada 54 tempat tidur, SMPN 2 Taman 56 tempat tidur, SMPN 2 Sidoarjo 48 tempat tidur, dan Mal Pelayanan Publik 124 tempat tidur.

Serta Puskesmas Sedati 68 tempat tidur, Puskesmas Porong, dan Rusunawa Tambak Sawah 12 unit tempat tidur dan di kawasan Kureksari Kecamatan Waru 8 tempat tidur.

“Baru shelter di Puskesmas Sedati yang terisi pasien OTG Covid-19 sebanyak 13 pasien. Sebanyak 7 pasien masih dirawat sedangkan 6 pasien sudah dinyatakan sembuh,” tangkasnya. (Tam)

Tags
Anda Sedang Membaca:

200 Tenaga Kesehatan di Sidoarjo Terpapar Covid-19

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT