Kamis, 27 Januari 2022
Pemerintahan

23 Warga Pasuruan Tak Pakai Masker Diberi Sanksi Sosial

profile
Admin

21 September 2020 18:34

173 dilihat
23 Warga Pasuruan Tak Pakai Masker Diberi Sanksi Sosial
Ilustrasi operasi protokol kesehatan Covid-19

PASURUAN – Operasi yustisi pendisiplinan protokol kesehatan Covid-19 juga diterapkan kepada warga Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan. Operasi kali ini dilakukan Senin pagi (21/9/2020) dan berhasil menjaring 23 pelanggar protokol kesehatan Covid-19 di Pasar Desa Kepulungan.

 

Para pelanggar yang tak mengenakan masker ini kemudian didata dan selanjutnya menjalani sanksi sosial, berupa membersihkan kawasan sekitar pasar, menyanyikan lagu kebangsaaan, mengucapkan pancasila, dan membaca surat pendek dari Al Qur’an bagi yang beragama islam.

 

Kapolsek Gempol Kompol Didik Hariyono SH menjelaskan, tercatat sebanyak 23 pelanggar ditindak ditempat antara lain pedagang dan pembeli. Ke 23 pelanggar itu kedapatan tidak memakai masker.

 

"Selain diberikan sanksi, pelanggar juga diberikan pengertian tentang kegunaan masker bagi diri sendiri maupun orang lain," ujar Kapolsek Gempol.

 

Namun diakui Didik kesadaran masyarakat mengenakan masker telah meningkat. Hal ini tampak dari sudah banyaknya masyarkat terutama di pasar yang memakai masker.

 

“Artinya kesadaran masyarakat semakin bagus dari pada beberapa waktu yang lalu," tandasnya,” tuturnya.

 

Tak hanya mendisiplinkan pemakaian masker, namun petugas juga mengevaluasi fasilitas protokol kesehatan di lapak – lapak pedagang. Khusus yang satu ini, Kapolsek menggaris bawahi harus ada penambahan tempat cuci tangan.

 

Dalam kesempatan ini, petugas juga menyemprotkan disinfektan dan pemberian probiotik. Ditambah lagi hari ini direncanakan bantuan dari PT Cargill Indonesia berupa tempat cuci tangan siap didistribusikan.

 

"Bantuan dari PT Cargill Indonesia dipastikan hari ini akan terpasang beberapa tempat cuci tangan. Semoga ini menginspirasi perusahaan lain di wilayah kami untuk ikut berpartisipasi dalam memberikan edukasi bahwa tiap individu adalah bagian penting memutus mata rantai penyebaran Covid-19," pungkasnya.

 

Tags
Anda Sedang Membaca:

23 Warga Pasuruan Tak Pakai Masker Diberi Sanksi Sosial

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT