Kamis, 27 Januari 2022
Kriminal

6 Pelaku Spesialis Pencuri Motor Dibekuk, Tiga Orang Terpaksa Ditembak

profile
Rochul

21 April 2021 18:48

403 dilihat
6 Pelaku Spesialis Pencuri Motor Dibekuk, Tiga Orang Terpaksa Ditembak
Konferensi pers pelaku curanmor di Jember

JEMBER - Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Jember berhasil mengamankan 6 pelaku spesialis pencurian kendaraan bermotor (curanmor). Keenam pelaku curanmor ini kerap kali beraksi di wilayah Kabupaten Jember.

Menurut Wakapolres Jember Kompol Kadek Ary Mahardika, keenam pelaku ini diamankan dalam rentang waktu dua pekan saja. Dimana keenam pelaku merupakan kelompok yang berbeda, namun sering beraksi di wilayah Jember. Sasarannya pun ada di sejumlah wilayah di antaranya Jember barat, Jember selatan, daerah kampus, dan beberapa wilayah Jember lainnya, dengan sasaran kendaraan bermotor parkir. 

“Mereka dari kelompok berbeda, 6 pelaku berhasil diringkus dari 4 kasus pencurian, modus yang dilakukan oleh pelaku adalah dengan merusak kunci kendaraan menggunakan kunci T dan kunci palsu,” ujar Wakapolres konferensi pers didampingi Kasatreskrim Polres Jember AKP Frans Dalanta Kembaren, pada Rabu (21/4/2021). 

Selain enam pelaku yang berhasil diamankan, beberapa pelaku lainnya masih dalam pengejaran alias masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO). “Ada satu pelaku yang saat ini kami tetapkan sebagai DPO,” ungkapnya. 

Saat diamankan ada tiga pelaku yang mencoba melakukan perlawanan kepada petugas. Polisi pun yang sigap langsung memberikan tindakan tegas terukur, dengan menembak ketiga pelaku.

Dirinya menambahkan, dari pemeriksaan dan penyidikan sementara terhadap para pelaku, mereka sudah menjalankan aksinya di 25 TKP. “Ada 25 TKP yang sudah diakui oleh para pelaku, saat ini Satreskrim masih mengembangkan penyelidikan terhadap pelaku, terlebih beberapa diantara pelaku merupakan residivis kasus yang sama,” tutur Kadek Ary.

Sementara dari tangan pelaku, polisi berhasil mengamankan 1 unit mobil pickup, 8 unit sepeda motor, kunci T dan kunci pas berbagai ukuran. “Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, mereka dijerat dengan Pasal 363 ayat 1 (satu) KUHP tentang Pencurian dengan ancaman hukuman tujuh tahun kurungan penjara,” tutupnya. (Lum)

Tags
Anda Sedang Membaca:

6 Pelaku Spesialis Pencuri Motor Dibekuk, Tiga Orang Terpaksa Ditembak

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT