Sabtu, 29 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Abaikan Protokol Kesehatan, Pasar Malam di Mojosari Mojokerto Dibubarkan Paksa Polisi

profile
Admin

28 Oktober 2020 10:12

2.6k dilihat
Abaikan Protokol Kesehatan, Pasar Malam di Mojosari Mojokerto Dibubarkan Paksa Polisi
Petugas membubarkan aktifitas pasar malam.

MOJOKERTO,- Ribuan masyarakat dari berbagai kalangan mulai dari ibu-ibu, remaja, anak - anak memadati pasar pon yang terletak di jalan Niaga, Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Selasa, (27/10/2020) malam.

Pasalnya, saat ini masyarakat hendak memperingati peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan menggelar pasar malam yang menjual beraneka ragam makanan, buah buahan, pakaian.

Ditengah masa pandemi saat ini, yang seharusnya masyarakat dihimbau untuk menjaga jarak, dan mengenakan masker saat keluar rumah, tidak dengan kondisi dipasar malam tersebut.

Ratusan masyarakat bergerombol menghiraukan physical distancing, bahkan, sebagian dari mereka dikedapati tidak menggunakan masker.

Dijumpai dilokasi Sulkan, Salah satu pedagang mengatakan, dirinya berjualan di area pasar malam sejak lama, menurutnya, hal ini telah menjadi tradisi tahunan.

"Sudah biasa seperti ini, ya ramai kayak ini," ungkapnya.

Meski musim pandemi, ia menuturkan, bahwa memang keseharianya telah terbiasa berjualan di setiap acara seperti car free day maupun event lainya.

"Kalau gak kerja gini ya gak bisa makan lah mas," imbuhnya.

Dilokasi terpisah, Indah, salah seorang pengunjung, mengatakan, dirinya setiap tahunya selalu datang ke pasar malam tersebut, seperti biasa, ia mencari kebutuhan dapur.

"Ya jalan-jalan dan cari buah buat asahan di masjid, karena dari dulu ya seperti ini," tuturnya.

Tak berselang lama, intansi terkait dari Polres Mojokerto dan Polsek Mojosari mendatangi lokasi tersebut.

Sekira pukul 21.00 (WIB) petugas gabungan Polres Mojokerto bersama Satpol PP membubarkan aktifitas pasar tersebut.

Kapolsek Mojosari, Kompol Nadzir Syah Basri, dilokasi menjelaskan, pihaknya telah berkoordinasi dengan perangkat Desa setempat untuk melarang adanya kegiatan seperti ini.

"Memang dua hari yang lalu kami sudah mendatangi lingkungan sekitar untuk tidak melaksanakan kegiatan seperti ini, karena saat ini dimasa pandemi covid-19," kata Kapolsek.

Namun malam ini faktanya dilpangan, Lanjut Kapolsek, dikedapati masyarakat yang menggunakan badan jalan untuk berjualan.

"Sehingga kita lakukan razia dan kita himbau untuk meninggalkan lokasi," tegasnya.

Sementara itu, Budi, pedangan makanan kerak telur asal Jombang mengeluhkan adanya tindakan pembubaran tersebut, menurutnya, seharusnya ada kordinasi dari sebelumnya.

"Ya agak sedikit kecewa, mulai dari tadi tidak ada apa-apa, sekarang dibubarkan,"

"Harusnya ada pengondisian sejak awal, karena ini pasar, kita tidak mendatangkan masa, tapi mereka datang sendiri," pungkas Budi.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Abaikan Protokol Kesehatan, Pasar Malam di Mojosari Mojokerto Dibubarkan Paksa Polisi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT