Kamis, 27 Januari 2022
Kesehatan

Ada Sejumlah Orang Yang Tidak Boleh Divaksin Covid-19, Ini Alasannya

profile
achmad fuad

28 Januari 2021 13:17

22 dilihat
Ada Sejumlah Orang Yang Tidak Boleh Divaksin Covid-19, Ini Alasannya

LUMAJANG - Yang terkonfirm tidak menjadi prioritas vaksinasi Covid-19. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lumajang, dr Bayu Wibowo Ignasius kepada sejumlah awak media, sesaat akan dilaksanakannya vaksinasi Covid-19, di Pendopo Arya Wiraraja.

Selain itu, kata dr Bayu ada juga yang tidak boleh divaksinasi termasuk kelompok usia dibawah 18 tahun, mantan konfirm Covid-19 seperti Kapolres Lumajang dan Bupati Lumajang.

Selain itu kata dr Bayu, yang tidak boleh di vaksinasi diantaranya selain masyarakat yang terkonfirmasi Covid-19, ada ibu hamil dan menyusui, mengalami gejala ISPA (infeksi saluran pernapasan akut) seperti batuk, pilek, sesak napas dalam 7 hari terakhir, anggota keluarga serumah yang kontak erat, suspek, konfirmasi, sedang dalam perawatan karena penyakit Covid-19.

"Memiliki riwayat alergi berat atau mengalami gejala sesak napas, bengkak, dan kemerahan setelah divaksinasi Covid-19 sebelumnya (untuk vaksinasi kedua), sedang mendapatkan terapi aktif jangka panjang terhadap penyakit kelainan darah, mengidap penyakit jantung seperti gagal jantung, penyakit jantung koroner, mengidap penyakit autoimun sistemik seperti SLE, lupus, sjogren, vaskulitis, dan autoimun lainnya," jelasnya.

Diterangkan dr Bayu, bagi masyarakat yang mengidap beberapa golongan penyakit, seperti mengidap penyakit ginjal seperti penyakit ginjal kronis, sedang menjalani hemodialisis atau dialisis peritoneal, transplantasi ginjal, sindrom nefrotik dengan kortikosteroid, mengidap penyakit rematik autoimun atau rheumatoid arthritis, mengidap penyakit saluran pencernaan kronis, mengidap penyakit hipertiroid atau hipotiroid karena autoimun, mengidap penyakit kanker, kelainan darah, imunokompromais atau defisiensi imun, dan penerima produk darah atau transfusi, mengidap penyakit diabetes melitus, mengidap HIV (human immunodeficiency virus) dan tekanan darah lebih dari 140/90 mmHg.

"Dan dari kelompok itu semuanya tidak layak divaksinasi," pungkasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Ada Sejumlah Orang Yang Tidak Boleh Divaksin Covid-19, Ini Alasannya

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT