Kamis, 27 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Aksi Demo di Situbondo Ricuh, 3 Penyusup Bawa Sajam Diamankan Polisi

profile
Admin

09 Oktober 2020 19:02

556 dilihat
Aksi Demo di Situbondo Ricuh, 3 Penyusup Bawa Sajam Diamankan Polisi
Massa demonstran menolak UU Cipta Kerja di Situbondo

SITUBONDO - Ratusan massa aksi demo menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja turun ke jalanan di Situbondo. Massa aksi dari berbagai elemen mahasiswa dan buruh ini melakukan demonstrasi di depan Gedung DPRD Situbondo.

Sempat berjalan kondusif dan damai, massa aksi akhirnya terlibat bentrok dengan aparat kepolisian. Hasilnya polisi mengamankan tiga orang diduga penyusup yang membawa senjata tajam.

Dari pantauan suarajatimpost.com, saat menyampaikan orasinya, ratusan aksi massa pendemo tersebut, dihiasi aksi saling dorong antara aparat kepolisian dengan mahasiswa. Beruntung, aksi saling dorong aparat dan pendemo sempat terhenti, ketika diketahui ada tiga orang penyusup yang memasuki area aksi demo.

Tiga orang penyusup tersebut langsung diamankan oleh petugas bersama barang buktinya berupa Sajam, Ruyung dan baju SMK ke Mapolres Situbondo.

Kasatreskrim Polres Situbondo AKP Agus Widodo membenarkan hal tersebut, pihaknya telah mengamankan tiga orang, yang kedapatan membawa sajam saat melakukan aksi demo PMII, untuk dimintai keterangan.

”Untuk mengungkap maksud kedatangannya dengan membawa sajam dalam aksi demo PMII di depan Kantor DPRD Situbondo, ketiganya masih dilakukan pemeriksaan dan diminta keterangan oleh penyidik, apakah ketiganya anggota PMII Situbondo atau bukan,"ujar Kasat Reskrim AKP Agus Widodo, Jumat (9/10/2020).

Wafa salah satu orator aksi demo menolak Omnibus Law UU Cipta Kerja, meminta kepada para aparat keamanan untuk melakukan pengamanan dengan baik.

"Kami ke sini untuk menyampaikan aspirasi kepada anggota DPRD Situbondo. Kami minta jangan halangi kami masuk ke dalam kantor DPRD Situbondo, kedatangan kami tidak akan anarkis "ucapnya.

Tidak hanya itu saja, orasi juga disampaikan Bela, dengan diberlakukannya Omnibus Law UU Cipta Kerja yang disahkan oleh DPR RI, maka simbol keberpihakan DPR terhadap rakyat sudah mati.

"Makanya, kami datang ke sini membawa keranda mayat yang menggambarkan kematian hati nurani DPR terhadap rakyatnya. Padahal, mereka duduk di kursi dewan di pilih rakyat, bukan di pilih oleh pengusaha. Kami juga mengutuk DPR yang telah mengesahkan Omnibus Law UU Cipta Kerja secara diam-diam,"seru Bela.

Aksi demo baru reda setelah sempat tegang itu, saat Ketua DPRD Edi Wahyudi menemui para pendemo dan menandatangani petisi penolakan terhadap pemberlakuan Omnibus Law UU Cipta Kerja.

β€œPetisi atau pernyataan sikap PMII Situbondo terkait penolakan Omnibus Law UU Cipta Kerja akan kita kirim segera ke pimpinan di atas dan kami atas Ketua DPRD Situbondo siap memperjuang aspirasi PMII Situbondo,” terang Edi Wahyudi. (Sarwo Edi)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Aksi Demo di Situbondo Ricuh, 3 Penyusup Bawa Sajam Diamankan Polisi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT