Minggu, 23 Januari 2022
Politik

Alat Peraga Kampanye Pilkada Malang Belum Juga Didistribusikan KPU

profile
Admin

12 November 2020 11:39

166 dilihat
Alat Peraga Kampanye Pilkada Malang Belum Juga Didistribusikan KPU
Ilustrasi Pilkada serentak 2020 (istimewa)

MALANG - Hingga hari kampanye ke - 48 pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang belum juga mendistribusikan alat peraga kampanye (APK) dan bahan kampanye (BK).Padahal masa kampanye pasangan calon (Paslon) kepala daerah sendiri hanya 71 hari. 

Pendistribusian APK dan BK paslon ini dinilai lambat. Mengingat masa kampanye tersisa kurang dari satu bulan atau 24 hari lagi. Keterlambatan KPU dalam mendistribusikan APK dan BK menjadi sorotan publik, tidak terkecuali Koordinator Badan Pekerja LSM Pro-Desa, Ahmad Kusaeri yang angkat bicara permasalahan ini. 

Menurut Kusaeri, masa kampanye kurang dari satu bulan. Hal ini akan merepotkan para tim paslon untuk memasang APK dan BK. Terlebih, efektivitas APK dan BK yang hanya terpasang beberapa hari saja, akan berkurang. Tak hanya itu, keterlambatan ini juga merugikan peserta. 

"APK dan BK adalah hak peserta, sesuai amanat UU. Bila hal itu tidak ada atau terlambat, berarti penyelenggara telah abai terhadap amanat UU dan mengabaikan hak peserta.Keterlambatan itu merugikan peserta, dan KPU layak digugat," tandas Kusaeri, pada Kamis (12/11/2020). 

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Malang, Anis Suhartini saat dihubungi menjelaskan, untuk APK masih menunggu pengiriman dari penyedia.

"Untuk APK masih menunggu pengiriman dari penyedia. Sedangkan BK, sudah diserahterimakan kepada masing masing paslon," jawab Anis

Sebagai informasi, pelaksanaan lelang APK menggunakan tender konsolidasi. Pemenangnya tender berasal masing-masing dari Klaten dan Lumajang.(nes)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Alat Peraga Kampanye Pilkada Malang Belum Juga Didistribusikan KPU

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT