Rabu, 26 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Alun-alun Kota Batu Dipastikan Tutup Saat Tahun Baru

profile
Admin

23 Desember 2020 14:51

304 dilihat
Alun-alun Kota Batu Dipastikan Tutup Saat Tahun Baru
Alun-alun Kota Batu dipastikan ditutup saat malam pergantian tahun baru, setelah keluarnya surat edaran Wali Kota Batu. (Foto: istimewa)

BATU, - Pemerintah Kota (Pemkot) Batu siasati terciptanya klaster wisata akibat kerumunan massa saat malam pergantian tahun baru, dengan menutup Alun-alun Kota Batu. 

Hal tersebut dipastikan setelah keluar surat edaran Wali Kota Batu nomor: 003/3803/422.011/2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Masyarakat Selama Libur Hari Natal Tahun Baru 2020 dan Libur Menyambut Tahun Baru 2020 Dalam Tatanan Adaptasi Kebiasaan Baru Produktif dan Aman Covid-19 di Kota Batu.

Diketahui, Pemkot juga tengah melakukan penataan PKL yang berjualan di kawasan alun-alun. Setidaknya, sekitar 50 persen PKL yang ada akan dipindahkan di kawasan Jalan Munif.

Kepastian tersebut disampaikan oleh Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso yang menjelaskan atas dasar instruksi pusat, menegaskan adanya larangan berkumpul di tempat umum pada tahun baru. 

"Nanti akan ada pemecahan kerumunan. Wacananya akan membuat pasar malam di sepanjang Jalan Panglima Sudirman kawasan Balai Kota Among Tani. Jadi, memang tidak sama seperti tahun-tahun sebelumnya," kata politisi PDI-P tersebut, Rabu (23/12/2020).

Merespon informasi tersebut, Kapolres Batu AKBP Catur C Wibowo mengatakan jika pihaknya telah melakukan koordinasi, dan telah disampaikan pada saat gelar pasukan pada Senin, (21/12/2020) di Alun-alun Kota Batu. 

"Arahan dari Ibu Wali sudah jelas, maka kami akan dukung surat edaran tersebut. Terkait rekayasa lalulintas dan hal lain dalam menunjang kondusifitas malam tahun baru, telah kami matangkan," jelas Catur.

Terkait lahan parkir yang menjadi hajat hidup masyarakat, lahan parkir pada malam tahun baru di kawasan alun-alun akan dialihkan ke pusat oleh-oleh Deduwa Jalan Diponegoro dan Jalan Sultan Hasan Halim. 

"Itu juga menjadi fokus kami di Polres Batu, terkait rekayasa lalin di kawasan alun-alun. Bagaimana penataan dan apa saja piranti yang dibutuhkan, telah kami Persia," imbuh dia.

Sementara itu, Koordinator Paguyuban PKL Pedagang Niaga Sipil (PNS) Alun-alun Kota Batu, Oki Honestyan Adi berpendapat jika relokasi itu dapat menimbulkan konflik antar pedagang. 

"Saya khawatir jika pemindahan PKL yang berdagang di Jalan Kartini Bawah atau kawasan Alun-Alun Batu ke Jalan Sudirman akan menimbulkan konflik sesama PKL," tegasnya.

"Kami khawatir akan bergesekan dengan PKL yang lebih dulu mengais rezeki di Jalan Sudirman. Total 489 pedagang di Alun-alun kalau diboyong ke barat (jalan Panglima Sudirman, red) semua, kasihan pedagang yang disana," pungkasnya. (Doi Nuri)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Alun-alun Kota Batu Dipastikan Tutup Saat Tahun Baru

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT