Sabtu, 29 Januari 2022
Kesehatan

Angka HIV/Aids di Banyuwangi Turun, KKBS : Karena Layanan VCT Kurang Optimal Selama Pandemi

profile
Ikhwan

01 November 2021 13:34

55 dilihat
Angka HIV/Aids di Banyuwangi Turun, KKBS : Karena Layanan VCT Kurang Optimal Selama Pandemi

BANYUWANGI - Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi menyebut di tahun 2021 angka temuan kasus HIV/Aids di Banyuwangi menurun di banding tahun sebelumnya. Tercatat temuan menurun hingga 50 persen.

Dinkes menyebut hal itu menjadi indikator suksesnya pencegahan dan penanganan kasus HIV/Aids yang terjadi di Bumi Blambangan ini.

Namun tak demikian dalam kacamata Lembaga Swadaya Masyarakat Kelompok Kerja Bina Sehat.

Ketua KKBS Muhammad Khoiron menyebut ada perspektif lain yang mengakibatkan kuantitas temuan HIV/Aids di Kabupaten Banyuwangi menurun.

Dalam dua tahun terakhir, kata dia, layanan penjaringan HIV melalui Voluntary Counselling and Testing (VCT) di puskesmas yang tidak berjalan optimal. Faktor utamanya yakni akibat adanya pembatasan aktivitas selama Covid-19.

"Yang jelas menurun, karena bukan faktor prevalensi, tetapi lebih banyak dipengaruhi oleh puskemas yang memiliki set up layanan VCT tidak dapat melayani testing karena keterbatasan selama pandemi," kata Khoiron, Senin (1/11/2021).

Selama pandemi tak sedikit puskesmas yang terpaksa vacum dan merubah jadwal layanan. Hingga kini layanan juga lebih berfokus pada penanganan Covid-19 dan vaksinasi.

Hal tersebut menjadi hambatan dan berpengaruh pada intensitas masyarakat dalam menjangkau layanan VCT.

"Sehingga otomatis ketika masyarakat yang testing itu jumlahnya kecil, maka bisa diindikasi jumlah temuannya juga kecil, karena bagaimanapun tes VCT adalah proses penjaringan ketika dimana kita ingin mengetahui HIV secara dini," ujarnya.

Sebagai Informasi KKBS merupakan lembaga swadaya masyarakat yang sejak lama menjadi mitra Dinas Kesehatan dalam melakukan upaya pencegahan dan tracing HIV/Aids yang ada di Banyuwangi.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Angka HIV/Aids di Banyuwangi Turun, KKBS : Karena Layanan VCT Kurang Optimal Selama Pandemi

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT