Rabu, 26 Januari 2022
Kesehatan

Apakah Setiap Kecelakaan Dapat Asuransi Jasa Raharja? Berikut Penjelasannya

profile
Ikhwan

22 Februari 2021 07:28

102 dilihat
Apakah Setiap Kecelakaan Dapat Asuransi Jasa Raharja? Berikut Penjelasannya

BANYUWANGI - Bicara soal Jasa Raharja, seringkali timbul pertanyaan apakah setiap kecelakaan yang terjadi saat bertransportasi terjamin Jasa Raharja?

Merespon pertanyaan itu Kepala Cabang Jasa Raharja Kabupaten Banyuwangi, Faizal Rachman menyampaikan sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) pihaknya menjamin dan memberikan perlindungan dasar kepada korban kecelakaan lalu lintas. Akan tetapi asuransi kecelakaan Jasa Raharja tidak berlaku bagi korban kecelakaan tunggal.

"Sesuai peraturan perundang-undangan, korban mengalami kecelakaan lalu lintas itu dijamin Jasa Raharja. Kecuali kecelakaan tunggal," kata Faizal saat dikonfirmasi, Minggu (21/2/2020).

Faizal mengungkapkan bila Jasa Raharja sudah bekerjasama dengan instansi yang berwenang. Seperti rumah sakit dan pihak kepolisian yang menangani laka lantas di jalan raya.

"Jasa Raharja sudah kerjasama hampir di semua rumah sakit di Banyuwangi. Jadi setiap korban yang mengalami kecelakaan dan dirawat di rumah sakit, kita sudah ada koordinasi. Dari rumah sakit akan menginformasikan ke Jasa Raharja. Rumah sakit juga menginformasikan kepada pihak kepolisian bahwa ada korban kecelakaan, kemudian ditangani," ujarnya.

Setiap santunan dari Jasa Raharja, kata Faizal ada batas plafonnya. Misalnya korban kecelakaan yang mengalami patah tulang. Maka santunan yang diberikan untuk perawatan di rumah sakit maksimal Rp 20 juta.

Masih Faizal, santunan yang diberikan itu untuk perawaratan hingga pasien sehat kembali. Namun sampai dengan batas maksimal sesuai ketentuan tersebut.

"Misalnya perawatan di rumah sakit habisnya Rp 15 juta untuk patah tulang. Padahal plafonnya Rp 20 juta. Nah Rp 5 juta nya lagi bisa digunakan si korban atau pasien ini melakukan perawatan rawat jalan, dan perawatan lainnya," bebernya.

Apabila biaya perawatan melebihi ketentuan, ada pihak penjamin kedua yaitu BPJS Ketenagakerjaan dan atau Jamkesos/da akan menjamin kelebihannya.

Sementara, kata dia, jika korban meninggal dunia misalnya, maka santunan Jasa Raharja diberikan kepada ahli waris.

Dengan catatan, harus melalui prosedur yang sudah ditetapkan. "Untuk informasi lebih akurat bisa datang langsung ke kantor Jasa Raharja," tandasnya. (*)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Apakah Setiap Kecelakaan Dapat Asuransi Jasa Raharja? Berikut Penjelasannya

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT