Kamis, 27 Januari 2022
Pemerintahan

Apel Kesiapsiagaan Digelar Hadapi Potensi Bencana Musim Penghujan di Bojonegoro

profile
Admin

12 Desember 2020 16:20

189 dilihat
Apel Kesiapsiagaan Digelar Hadapi Potensi Bencana Musim Penghujan di Bojonegoro
Bupati Bojonegoro dan Forkopimda saat meninjau peralatan pasukan kesiapsiagaan bencana (Humas Pemkab Bojonegoro/ istimewa)

BOJONEGORO - Bupati Bojonegoro Anna Muawanah memimpin apel kesiapsiagaan bencana di tengah curah hujan yang kian meningkat. Apel kesiapsiagaan yang dilakukan pada Sabtu (12/12/2020) di depan kawasan Pendopo Kabupaten Bojonegoro, sekaligus dirangkai dengan gelar peralatan penanggulangan bencana hidrometeorologi.

Apel kesiapsiagaan kali ini tak hanya melibatkan unsur BPBD Kabupaten Bojonegoro saja, melainkan juga ada dari personel kepolisian dari Polres Bojonegoro dan Brimob. Kemudian dari unsur TNI, Satpol PP,  Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, BPBD, RS Bhayangkara, Dinas Sosial, Senkom, Rapi, Damkar, PMI, dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Pada arahannya Bupati Bojonegoro Anna Muawanah menyampaikan, bila di Indonesia memiliki dua musim dengan variasi kerawanan bencana yang berbeda. Bila musim penghujan beberapa daerah termasuk Bojonegoro, berpotensi mengalami bencana seperti banjir, angin kencang, hingga longsor.

"Seperti yang telah kita ketahui bersama, daerah rawan terjadi bencana alam banjir di wilayah Kecamatan Dander, Malo, Bubulan, Bojonegoro, Baureno, Sukosewu, Sekar, dan Gondang," ucap Anna Muawanah melalui rilis yang diterima.

Maka dari itu Anna meminta seluruh jajaran petugas untuk bersiap melalui momentum apel kesiapsiagaan bencana kali ini. Tujuannya supaya instansi yang terkait, tidak hanya BPBD saja, tapi juga ada kepolisian, TNI, atau unsur lainnya bisa menyinergikan satu sama lainnya demi menyelamatkan masyarakat.

"Melalui langkah penguatan dan pendampingan psikologi, pencairan, penyelamatan, perlindungan, pengamanan dan evakuasi korban, harta benda, disaster victim indentification (DVI) serta penegak hukum, dengan membentuk satgas pengungsian dan perlindungan," ungkapnya.

"Seluruh elemen terdiri dari Samapta, Pam Obvit, Binmas, Lantas, TNI, BPBD, dan Instansi terkait lainnya serta satgas kedokteran dan kesehatan terdiri rumah sakit, puskesmas, pusdokes, DVI, dan dinas terkait, juga harus siap," tukasnya. (Mustakim) 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Apel Kesiapsiagaan Digelar Hadapi Potensi Bencana Musim Penghujan di Bojonegoro

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT