Rabu, 26 Januari 2022
Pemerintahan

ASN Pemkab Sampang Belum Gajian, Begini Kata Sekda

profile
Admin

05 Januari 2021 21:08

134 dilihat
ASN Pemkab Sampang Belum Gajian, Begini Kata Sekda
Sekda Sampang Yuliadi Setiawan

SAMPANG - Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Sampang mengalami keterlambatan gaji dari awal bulan Januari 2021. Seharusnya gaji ASN Sampang cair pada 1 Januari 2021. Namun karena sistem keuangan daerah (SIKD) yang belum bisa dibuka membuat keterlambatan gaji terjadi. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sampang, Yuliadi Setiawan menjelaskan, keterlambatan gaji periode ini disebabkan karena Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) yang mengharuskan memakai aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) hingga Desember 2020 kemarin. Aplikasi itu seharusnya sudah bisa diakses oleh daerah, tapi ternyata belum dapat dibuka aplikasinya, sehingga berdampak kepada keterlambatan untuk gaji para ASN Kabupaten Sampang.

β€œTetapi mulai terhitung tanggal 4 Januari Kemendagri melalui video conference (Vidcon) membolehkan daerah memakai sistem aplikasi lama untuk bisa mengakses atau membuka apkikasi,” ujar Yuliadi pada Selasa (05/01/2021).

Ia menambahkan, saat ini seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) khususnya Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD), butuh waktu untuk memproses kelengkapan administrasi dan entri data terkait pencairan gaji ASN di masing-masing OPD, di awal bulan tahun anggaran 2021 ini.

Perlu di ketahui bahwa, persoalan keterlambatan gaji tersebut bukan hanya dilingkungan Pemkab Sampang saja, tetapi terjadi di hampir seluruh Indonesia.

"Untuk selanjutnya, sistem pembayaran gaji ASN kedepannya akan menggunakan sistem aplikasi yang sudah diterapkan oleh pemerintah pusat. Sehingga pembayaran gaji kedepannya lebih cepat dan tidak mengalami keterlambatan. Jadi untuk gaji ASN  kami pastikan dalam minggu ini gaji pegawai sudah bisa dicairkan,” tukasnya. 

Tags
Anda Sedang Membaca:

ASN Pemkab Sampang Belum Gajian, Begini Kata Sekda

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT