Sabtu, 29 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Awal 2021 BPCB Lanjutkan Ekskavasi Situs Pendem

profile
Admin

04 Januari 2021 18:11

67 dilihat
Awal 2021 BPCB Lanjutkan Ekskavasi Situs Pendem
Proses ekskavasi situs Pendem akan terus dilakukan di 2021.(Foto: istimewa)

KOTA BATU,- Pada ekskavasi sebelumnya, Arkeolog Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur, Wicaksono Dwi Nugroho mengungkapkan dirinya bersama tim, selama ekskavasi tidak mampu menemukan jejak situs Pendem dalam Rapporten Oudhe-inkudig Commisie op Java en Madoera (ROC) pada awal 1900 dan di dalam Oudheidkundg Verslag (OV) pada 1920. Sebab itu, pada awal 2021 ekskavasi kembali dilanjutkan.

Dibenarkan oleh Kasi Sejarah Purbakala Bidang Kebudayaan

Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu Noerad Adikarsa Poernomo mengatakan, pada 2021 ini ada rencana akan melanjutkan ekskavasi situs Pendem. Ekskavasi lanjutan ini untuk menentukan luas keseluruhan situsnya. 

Ekskavasi akan dilanjutkan ke sisi utara dan sisi timur Candi Pendem. Karena diprediksi masih ada struktur bangunan yang terpendam di kedua sisi tersebut.

“Pengajuan anggaran untuk proses ekskavasi telah masuk, hanya tinggal menunggu keputusannya. Bisa dikatakan belum belum fix karena dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) belum keluar,” terang.

Begitu luasan situs diketahui melalui proses penyingkapan, lanjut Poernomo, akan dilanjutkan dengan kajian pengembangan dan pelestarian Situs Pendem sebagai destinasi wisata cagar budaya.

“Kajian itu juga meliputi kajian amdal. Berapa kebutuhan luasan lahan untuk menunjang operasional destinasi wisata cagar budaya Situs Pendem,” terang dia.

Sementara itu, Arkeolog BPCB Trowulan, Wicaksono Dwi Nugraha memperkirakan Candi Pendem ini menghadap ke arah timur.

Karena saat ekskavasi tahap keempat, yang dilakukan pada 10-18 November 2020 lalu, ditemukan banyak bongkahan batu boulder yang kemungkinan sebagai material pengerasan jalan.

"Masih kami telusuri untuk menemukan bangunan pendukung lainnya. Lazimnya di sekitar candi induk terdapat candi perwara atau candi pelengkap. Situs Candi Pendem ini,  kami perkirakan memiliki kaitan erat dengan Prasasti Sanguran di masa Mpu Sindok sebagai Raja pertama Medang Kamulan pada tahun 929 Masehi. Itu yang akan kami cari tahu, apakah ada bangunan penunjang lainnya, seperti candi perwara,” tutup Wicaksono. (Doi Nuri)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Awal 2021 BPCB Lanjutkan Ekskavasi Situs Pendem

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT