Rabu, 26 Januari 2022
Lifestyle

Bangkitkan Gairah Ekonomi, MKP Petak Pacet Sediakan Stand Untuk Jualan

profile
Andy

17 April 2021 16:56

66 dilihat
Bangkitkan Gairah Ekonomi, MKP Petak Pacet Sediakan Stand Untuk Jualan

MOJOKERTO - Sebagai bentuk upaya untuk membangkitkan gairah perekonomian masyarakat pada saat bulan suci Ramadan 2021, Pengelola Pasar Rakyat Mojo Kembangsore Park (MKP), Desa Petak, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto sedikan stand untuk jualan.

Dimana menjadi kebiasaan masyarakat untuk berjualan di pinggir-pinggir jalan. Hal inilah yang coba diantisipasi oleh pengelola Wisata Mojokembangsore Kawasan Pariwisata (MKP).

Dikemas dalam Ketupat Ramadhan Gebyar Belanja, pihak pengelola memberikan puluhan stand layak sewa kepada masyarakat agar berjualan di sana. Selama Ramadan sampai lebaran ditambah 7 hari, stand-stand penjualan produk Usaha Kecil Menengah (UMK) masyarakat akan menghiasi Pasar Rakyat MKP.

Manajer Operasional Pasar Rakyat MKP, Basuki mengaja, dengan memasuki bulan suci Ramadan, mari kita berbagi kebaikan bersama dengan UMKM Desa Petak.

"Potensi-potensi masyarakat yang punya usaha kecil dan menengah di sekitar kita ini apabila ingin menampilkan kreasi-kreasinya bisa ditampilkan disitu," ujar Basuki kepada suarajatimpost.com.

Selama ini kemacetan kerapkali terjadi di sepanjang jalan, sehingga menimbulkan kerumunan. Bagi para pedagang yang berjualan disitu, setiap harinya dikenakan retribusi sebesar Rp 5 ribu untuk biaya kebersihan.

"Mungkin yang di jalan-jalan yang menimbulkan macet, bias dialihkan ke situ," harap Basuki..

Semakin hari penjualnya semakin banyak, dimana mereka mengisi stand-stand yang awalnya kosong. Tak menutup kemungkinan ada penjual yang tidak mendapat tenda, namun jangan kuatir karena di sebelah Utara Pasar Rakyat ini juga disediakan bagi para penjual.

"Kita akan menambah wahana-wahana outdoor disitu biar semakin semarak," sambungnya.

Beberapa produk yang sebelum ditampilkan, terlebih dulu diinvestarisir dan dipilah oleh pihak pengelola sebelum nantinya mendapat persetujuan untuk berjualan.

Terpisah suarajatimpost.com salah seorang pedagang, Arum (28) mengaku pengunjung kebanyakan datang pada saat mereka ngabuburit.

"Disini paling ramai itu pas sore hari, saat mau berbuka," ujar Arum yang berjualan botokan, pepes, dan sayur untuk berbuka puasa.

Hal yang serupa disampaikan Nur Farida (45), salah seorang pedagang dari Desa Petak.

"Dikenai Rp 5 ribu per harinya, per satu tendanya. Dibayar setiap hari setelah jualan," ujarnya kepada TIMES Indonesia.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Bangkitkan Gairah Ekonomi, MKP Petak Pacet Sediakan Stand Untuk Jualan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT