Rabu, 26 Januari 2022
Peristiwa Nasional

Banjir Masih Rendam Ratusan Rumah Warga di Jember, Bantuan Logistik Dikirim

profile
Rochul

11 November 2021 11:57

301 dilihat
Banjir Masih Rendam Ratusan Rumah Warga di Jember, Bantuan Logistik Dikirim
Kondisi Banjir masih terjadi dibeberapa titik Dikecamatan Semboro Jember.

JEMBER - Banjir yang terjadi sejak Rabu (10/11) kemarin masih berlanjut hingga hari ini. Ratusan rumah warga dan jalan khususnya di Desa Pondok Joyo dan Sidomulyo, Kecamatan Semboro masih terendam banjir dari luapan Sungai Tanggul.

Ketinggian air dari informasi yang disampaikan TRC BPBD Jember masih setinggi lutut orang dewasa atau sekitar 60 - 70 cm. 

Terkait proses evakuasi warga juga masih dilakukan petugas TRC BPBD Jember dibantu relawan. 3 perahu karet diturunkan ke lokasi banjir untuk membantu proses evakuasi.

Namun demikian, warga yang memilih tetap di rumah enggan untuk dievakuasi. Pasalnya warga mengaku khawatir dengan keselamatan dari harta bendanya.

Menurut Kasun Rowotengah, Desa Sidomulyo, Kecamatan Semboro, Ali Ibrohim, warga yang bertahan di rumahnya saat terjadi banjir kebanyakan para pemuda dan bapak-bapak.

"Untuk lansia, ibu-ibu, dan anak-anak ada yang di Balai Desa atau di rumah tetangganya yang tidak terendam banjir. Tapi kami dibantu BPBD Jember dan relawan. Terus melakukan asessmen dan membantu warga yang mau untuk dievakuasi," kata Ali, Kamis (11/11/2021) siang.

Terkait bantuan logistik bagi korban banjir warga desa setempat, terus berdatangan sejak awal kejadian banjir.

"Ini pukul 11 siang, datang lagi bantuan selimut, perlengkapan bayi, makanan penambah gizi dan lauk pauk juga kami terima. Untuk sarapan pagi juga mulai didistribusikan kepada warga. Baik di Tempat pengungsian ataupun di masing-masing rumah warga," katanya.

Terpisah, salah seorang anggota TRC BPBD Jember Farud. Saat ini di Pusdalops BPBD Jember sedang disiapkan beras untuk korban bencana banjir yang berasal dari Dinas Provinsi Jatim.

"Kami siapkan sejak pagi tadi, untuk nantinya didistribusikan ke lokasi banjir. Terkait sarapan dan makanan bagi korban banjir. Kami dibantu Tagana Dinsos Jember untuk menyiapkan makanan di dapur umum Liposos," kata Farud.

Dari informasi yang dihimpun wartawan, kurang lebih 250 makanan untuk sarapan yang disiapkan dan juga bantuan makanan siap saji juga datang juga dari Dira kencong yang akan diberikan kepada masyarakat terdampak seperti di Dusun Rowotengu, Desa Sidomulyo dan juga Dusun Pondok Rampal, Desa Pondok joyo ," kata salah seorang petugas Tagana.

Wahid salah satu warga terdampak banjir asal Dusun Rowo tengu, Desa Sidomulyo, Kecamatan Semboro Jember, menyampaikan jika kondisi ini memang sering terjadi.

"Sering terjadi, dan hampir setiap tahun disini seperti ini.saya berharap semoga sungai cepat dinormalisasi agar tidak terjadi lagi banjir.kondisi ditempat saya hampir 1 meter," terangnya.(Lum)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Banjir Masih Rendam Ratusan Rumah Warga di Jember, Bantuan Logistik Dikirim

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT