Sabtu, 22 Januari 2022
Pemerintahan

Bawaslu Banyuwangi Bersama Stakeholder Siap Tindak Pelanggar Saat Pilkada 2020

profile
Admin

01 Oktober 2020 20:17

209 dilihat
Bawaslu Banyuwangi Bersama Stakeholder Siap Tindak Pelanggar Saat Pilkada 2020
Ketua Bawaslu Banyuwangi Hamim saat dikonfirmasi media.

BANYUWANGI - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Banyuwangi gelar rapat koordinasi bersama stakeholder guna ciptakan PILKADA yang sehat dan damai.

Dalam Rakor yang digelar di Hotel Ketapang Indah Kamis (01/10/2020) Bawaslu turut menggandeng instansi kepolisian, TNI, Kejaksaan, Satpol PP, Gugus Tugas Covid -19 dan Pemkab setempat untuk memberikan penindakan tegas terkait pelanggaran protokol kesehatan pada tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi tahun 2020. 

Ketua Bawaslu Banyuwangi Hamim menjelaskan bahwa dari pertemuan ada kesamaan visi dari peserta pilkada, tim pemenangan dan para stakeholder. Sudah ada komitmen bersama, stakeholder siap tindak tegas siapapun baik peserta Pilkada maupun tim kampanye yang nantinya melanggar protokol kesehatan.

"Tindakan yang akan diberikan, kalau dari Bawaslu ada surat peringatan tertulis dan sebagainya. Tapi untuk pelanggaran terkait dengan Protokol Covid-19 nantinya pihak kepolisian, kejaksaan dan pengadilan yang akan menindak lanjuti," katanya.

Hamim mengatakan, Paslon 1 maupun Paslon 2 yang berkompetisi di Pilkada Banyuwangi ini sudah berjanji akan menaati protokol kesehatan pada setiap aturan di tahapan Pilkada.

Catatan penting Bawaslu untuk tim kampanye kedua Paslon agar tidak menggelar kampanye secara akbar. Karena pada aturan Pilkada tahun ini dilarang mengundang massa yang begitu banyak. Sebagai antisipasi penularan Covid-19.

"Sesuai yang disampaikan KPU, yang tertera di PKPU 13 bahwa masa kampanye maksimal 50 orang, tidak boleh lebih," ungkap Hamim.

Lebih lanjut Hamim juga menjelaskan, mengenai mekanisme perizinan pilkada saat ini tidak satu pintu di Polresta Banyuwangi. tetapi harus melakukan perjinan di Satgas Covid-19 kabupaten baru kemudian izin pada pihak kepolisian.

"Oleh karena itu tadi sudah kita sarankan untuk dibuka satu pintu pelayanan di Satgas Covid-19 atau pelayanan terpadu khusus untuk perizinan pada tahapan kampanye. Tentunya untuk memudahkan, soalnya ada beberapa keluhan dari tim kampanye terkait dengan perizinan," tutupnya. (WAN)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Bawaslu Banyuwangi Bersama Stakeholder Siap Tindak Pelanggar Saat Pilkada 2020

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT