Sabtu, 22 Januari 2022
Pemerintahan

Begini Langkah Mensos Risma Sinkronisasi DTKS di Kabupaten Gresik

profile
Fitrotin

28 Maret 2021 07:32

156 dilihat
Begini Langkah Mensos Risma Sinkronisasi DTKS di Kabupaten Gresik
Mensos Tri Rismaharini dan Bupati Gresik membahas DTKS

GRESIK - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini bersama Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani membahas Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang ada di Kabupaten Gresik. Sebagai informasi, DTKS merupakan bagian sistem data yang digunakan Kementerian Sosial (Kemensos) untuk memberi bantuan sosial dari negara, kepada masyarakat yang membutuhkan. 

Pembahasan DTKS ini berlangsung santai di Pendopo Gresik, kurang lebih selama satu jam pada Sabtu (27/3/2021). 

Mensos Tri Rismaharini mengatakan, ada tiga poin yang dibahas selama satu jam pertemuan tersebut. Pertama, kedatangannya untuk evaluasi DTKS di Gresik yang masih 67 persen. 

“Saya minta hari ini selesai 100 persen, kami bisa bantu masyarakat full 100 persen,” kata Risma, ditemui media pada Sabtu malam. 

Kemudian, Mensos Risma juga mempersilakan bila Kabupaten Gresik mengusulkan penambahan data usulan penerima dana kesejahteraan sosial yang diberikan oleh kementerian sosial. 

“Ketiga, pemberdayaan masyarakat akan dipetakan pak Bupati dengan jajarannya untuk apa-apa saja yang bisa kami bantu untuk pemberdayaan,” terang mantan Wali Kota Surabaya itu. 

Risma menegaskan DTKS harus sama dengan data kependudukan. Dimana penyamaan kedua data tersebut memang memerlukan waktu yang cukup lama. 

Diketahui angka kemiskinan di Gresik tahun 2020 berada di angka 12,40 persen. Lebih tinggi dibanding rata-rata angka kemiskinan di Jawa Timur sebesar 11,09 persen.

“Secara pribadi saya ngomong kamu tidak perlu berkecil hati. Yang penting benar-benar ditangani. Kalau kita berpura-pura terus ternyata ada saja kan tidak ada gunanya,” kata Risma. 

Jika sampai Sabtu (27/3) malam belum selesai 100 persen, Risma akan menerjunkan tim ke Gresik untuk ikut membantu.

“Terakhir nanti malam jam 23.00, kalau besok saya lihat masih kurang, nanti akan saya kirim orang untuk kesini membantu untuk memadankan,”kata dia.

Sementara itu, Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyebut luar biasa perhatian dari Menteri Sosial datang ke Gresik di akhir pekan. Menyempatkan diri datang ke Gresik untuk bertemu membahas DTKS.

“Mengingatkan kembali DTKS kita masih 67 persen, ada kepedulian luar biasa. Kabupaten Gresik yang menjadi perhatian, kami memang harus maksimal agar persoalan-persoalan di Gresik ini bisa teratasi,” tukasnya. 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Begini Langkah Mensos Risma Sinkronisasi DTKS di Kabupaten Gresik

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT