Rabu, 19 Januari 2022
Pemerintahan

Begini Langkah Pemkab Bojonegoro Tingkatkan SDM Warganya

profile
Admin

21 Oktober 2020 10:35

145 dilihat
Begini Langkah Pemkab Bojonegoro Tingkatkan SDM Warganya
Bupati Bojonegoro saat menyerahkan piagam ke warganya

BOJONEGORO - Pembangunan sumber daya manusia (SDM) menjadi salah satu modal untuk mencapai kesejahteraan. Hal ini dilihat sebagai sesuatu hal yang penting bagi Pemkab Bojonegoro, di antaranya sektor pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan disablitas.

Bupati Bojonegoro Anna Muawanah mengatakan, di sektor kesehatan misalnya, Pemkab telah mengalokasikan Rp 947,8 miliar untuk dampak pandemi Covid-19.

"Alokasi ini tidak hanya untuk penanganan kesehatan di masa pandemi Covid-19, melainkan juga dampak ekonomi, dan penyediaan jaring pengaman sosialnya (sosial safety net), dan alokasi belanja tidak terduga," ucap Anna melalui rilis yang diterima suarajatimpost pada Rabu pagi (21/10/2020).

Sementara di bidang pendidikan, Anna memberikan pembiayaan sekolah melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) pendidikan ke siswa Madarasah Aliyah (MA) sebesar Rp 13,5 milyar bagi 11.905 siswa. Beasiswa scientist juga dianggarkan mencapai Rp 15 miliar untuk 375 siswa asal Bojonegoro.

"Beasiswa scientist sudah dianggarkan Rp 15 Milyar bagi 375 siswa. Selain beasiswa scientist, Pemkab juga mengalokasikan beasiswa satu desa dua sarjana sebesar Rp 8,6 Milyar bagi 860 siswa serta beasiswa kurang mampu sebesar Rp 952 juta," jelasnya.

Lanjutnya, Sebagaimana tertuang dalam salah satu misi daerah yaitu perlindungan bagi perempuan, anak dan kaum dhuafa, Pemerintah Kabupaten Bojonegoro juga mempunyai komitmen dalam perumusan strategi dan arah kebijakan bagi perlindungan anak, perempuan dan dhuafa.

"Saat ini Kabupaten Bojonegoro sudah memiliki 4 (empat) Tempat Penitipan Anak (TPA) yaitu TPA Kalitidu, TPA Kapas, TPA Baureno dan TPA Ngasem yang saat ini masih proses pembangunan." Ungkap Bupati yang gemar blusukan tersebut.

Masih tambah Bupati, Selain program perlindungan anak, Pemerintah Kabupaten juga mengalokasikan bantuan bagi anak yatim dan terlantar, bantuan warga sakit menahun dan penyandang disabilitas. Pemerintah Kabupaten juga telah mengalokasikan BPNT daerah bagi 11.625 KPM dengan total alokasi 15,3 Milyar.
Bagi para lansia, di Tahun 2020 ini Pemerintah Kabupaten telah mengalokasikan program permakanan lansia yang diberikan melalui masing-masing kecamatan untuk memberikan tambahan nutrisi bagi lansia dengan alokasi 10,3 Milyar.

"Kami harapkan Bapak dan Ibu Camat serta Kepala Desa turut serta mengawal dan memfasilitasi pelaksanaan program-program Kabupaten yang diberikan pada masyarakat,Segala yang telah kita capai tentu tidak boleh membuat kita berpuas diri. Mari kita terus bahu membahu dalam bekerja, bersinergi dalam mengatasi tantangan kedepan, guna melakukan percepatan pembangunan di Kabupaten Bojonegoro tercinta," pungkasnya. (ad).

Tags
Anda Sedang Membaca:

Begini Langkah Pemkab Bojonegoro Tingkatkan SDM Warganya

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT