Kamis, 27 Januari 2022
Pemerintahan

Begini Penjelasan Mundurnya Pelantikan Bupati Jember Terpilih

profile
Rochul

17 Februari 2021 09:17

62 dilihat
Begini Penjelasan Mundurnya Pelantikan Bupati Jember Terpilih
Plt Kadiskominfo Jember Gatot Triyono

JEMBER - Pelantikan Bupati Jember terpilih dipastikan mundur. Mundurnya pelantikan ini karena Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) masih menyelesaikan persoalan Pilkada di tiga kabupaten dan kota di Jawa Timur. 

Namun demikian, dari informasi yang disampaikan oleh Plt. Kadiskominfo Jember Gatot Triyono. Pelantikan Bupati Jember baru akan dilaksanakan akhir Februari ini. 

"Untuk pelantikan ditunda. Info terkahir (dilaksanakan) 25-26 Februari ini," kata Gatot dikonfirmasi wartawan pada Rabu (17/2/2021) 

Penundaan pelantikan bupati baru ini dilakukan, kata Gatot, karena Kemendagri menginkan adanya pelantikan serentak. Sedangkan di wilayah Jawa Timur masih ada tiga kabupaten dan kota yang masih ada persoalan Pilkada.

"Kemarin malam (Senin), juga ada Vidcon dengan Kementerian, yang menyampaikan pelantikan sekitar tanggal 25-26 (Februari) menunggu persoalan 3 kabupaten/kota itu. Tapi kalau belum selesai akan ditinggal," katanya.

Sehingga dengan adanya penundaan ini, akan dilakukan penunjukkan Pelaksana harian (Plh) oleh Gubernur Jatim. Karena tidak boleh dalam suatu wilayah terjadi kekosongan kepala daerah.

Namun ditanya siapa yang nantinya akan ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) oleh Gubernur Jatim, Gatot mengaku tidak tahu.

"Karena masih akan dilakukan rapat secara daring di Kantor Pemkab Jember, termasuk kepastian pelaksanaan pelantikan," katanya.

Gatot juga menambahkan, terkait nantinya pengosongan Pendapa Wahyawibawagraha yang notabene juga sebagai Rumah Dinas Bupati Jember. Juga akan dilakukan seremonial serah terima kunci dari Bupati Jember lama kepada Plh yang ditunjuk

"Kan selama 5 tahun belakangan ini Pendapa Wahyawibawagraha juga rumah dinas bupati. Jadi nanti (setelah ada penunjukkan Plh), ada serah terima kunci ke Plh, sebelum bupati baru dilantik," tukasnya. (Lum)
 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Begini Penjelasan Mundurnya Pelantikan Bupati Jember Terpilih

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT