Rabu, 26 Januari 2022
Peristiwa Nasional

Begini Temuan Penyidik KPK Selama Penggeledahan Tiga Hari di Kota Batu

profile
Admin

08 Januari 2021 19:08

316 dilihat
Begini Temuan Penyidik KPK Selama Penggeledahan Tiga Hari di Kota Batu
Penyidik KPK saat meninggalkan Balai Kota Among Tani Batu

KOTA BATU – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan di hari ketiga pada Balai Kota Batu. Penggeledahan dilakukan sejak pukul 10.00 WIB, Jumat (8/1/2021), dengan menggeledah ruangan kerja Wali Kota Batu dan Dinas Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah.

 

Penggeledahan kali ini tetap dengan kawalan ketat kepolisian dari Polres Batu sebanyak empat personel. Penyidik melakukan penggeledahan hampir kurang lebih 3,5 jam lebih di dua ruangan yang berada di Balai Kota Among Tani tersebut.

 

Penyidik KPK sendiri keluar sekitar pukul 14.00 WIB, dengan membawa lima buah koper besar yang dikawal empat petugas kepolisian menggunakan enam mobil bernama hitam.

 

Dengan penggeledahan KPK tercatat total ada delapan ruang kerja terdiri dari tujuh ruang Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan satu ruang kerja wali kota. Selama tiga hari sejak Rabu 6 Januari 2021 KPK telah melakukan penggeledahan di kompleks Balai Kota Among Tani Kota Batu.



 

Selain melakukan penggeledahan tersebut, KPK sebelumnya juga telah melakukan pemeriksaan terhadap dua orang saksi atas nama Moh Zaini yang merupakan pemilik PT Gunadharma Anugerah, dan Kristiawan yang merupakan mantan pengurus rumah tangga Eddy Rumpoko.

 

Zaini diperiksa untuk dilakukan pendalaman terkait dugaan pemberian sejumlah uang kepada pihak terkait perkara tersebut, agar bisa mendapatkan proyek pekerjaan di Pemerintah Kota Batu.

 

Sementara Kristiawan, dilakukan pendalaman terkait dugaan sebagai perantara penerimaan atas perintah dari pihak yang terkait perkara ini, untuk menerima sejumlah uang dari para kontraktor, dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Pemkot Batu.

 

Juru Bicara KPK Ali Fikri menyatakan, penggeledahan dan pemeriksaan saksi kali ini, termasuk penggeledahan di dua ruangan hari ini, masih terkait dengan pengembangan kasus gratifikasi, yang sebelumnya didalami komisi anti-rasuah tersebut. Dari sejumlah lokasi penggeledahan selama tiga hari penyidik mengamankan berbagai dokumen di antaranya dokumen.

 

“Diamankan berbagai dokumen diantaranya dokumen perizinan usaha,catatan transaksi keuangan yang terkait dengan perkara ini,” ungkap Ali Fikri saat dihubungi pada Jumat petang.

 

Ali juga menambahkan akan menyampaikan hasil dari pengembangan penggeledahan lebih lanjut. “Nanti perkembangan mengenai hasil geledah, akan kami sampaikan lebih lanjut,” ucap Ali Fikri kembali.

 

Sebagai informasi, pada 2017,  penyidik KPK menjerat Wali Kota Batu Eddy Rumpoko dalam operasi tangkap tangan pada September. 

 

Dalam kasus tersebut, Eddy Rumpoko diduga menerima suap senilai Rp 500 juta terkait proyek belanja modal dan mesin pengadaan meubelair di Pemerintah Kota Batu, tahun anggaran 2017 senilai Rp 5,26 miliar.

 

KPK menetapkan dua orang tersangka lain dalam kasus tersebut, yakni Kepala Bagian Unit Layanan Pengadaan Pemerintah Kota Batu, Edi Setyawan, dan Filipus Djap yang merupakan Direktur PT Dailbana Prima. (ris)

 

 

 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Begini Temuan Penyidik KPK Selama Penggeledahan Tiga Hari di Kota Batu

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

1 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT