Sabtu, 22 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Begini Tips BP2MI Banyuwangi Memilih Agen agar Tak Tertipu Calo

profile
Admin

06 November 2020 04:47

212 dilihat
Begini Tips BP2MI Banyuwangi Memilih Agen agar Tak Tertipu Calo
ilustrasi calo agen penipuan PMI

BANYUWANGI - Mengantisipasi masyarakat Banyuwangi yang berniatan bekerja di luar negeri supaya tidak tertipu calo. Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) Banyuwangi berikan tips jitu kepada masyarakat agar teliti dalam memilih agen saat akan bekerja ke luar negeri.

 

"Pertama bila dia agen atau petugas lapangan resmi P3MI, saat menawarkan, menginformasikan, menguruskan dia harus mampu menunjukkan perjanjian kerja dengan perusahaannya," terang Muhammad Iqbal Koordinator BP2MI Banyuwangi, Kamis (5/11/2020).

 

Kemudian, Lanjut dia, agen tersebut harus terdaftar pada dinas dimana dia beroperasi. Bila terjadi kecacatan data agen tidak akan memaksakan untuk memberangkatkan Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI).

 

"Misalkan ada data yang salah atau yang kurang agen tersebut tidak akan meminta atau mengajak CPMI untuk merubah data atau melanggar upaya hukum lainya. Kalau ada pihak yang mengajak untuk melanggar upaya hukum seperti itu CPMI wajib berhati-hati," tandasnya.

 

Hal tersebut, masih Iqbal, guna mengantisipasi agar masyarakat tidak tertipu dan terjebak dalam praktik perdagangan manusia atau trafficing yang tentunya membahayakan masyarakat itu sendiri.

 

Dikatakannya, Banyuwangi saat ini sebagai kabupaten penyumbang pekerja migran terbesar ke-5 se- Jawa Timur. Terlebih dengan letak wilayah yang berdekatan dengan akses bandara Internasional hal ini menjadi sasaran empuk bagi para calo untuk menyelundupkan warga ke luar negeri.

 

"Banyuwangi dalam jumlah yang sangat besar maka potensi trafficingnya juga sangat besar. Selain Juanda ada juga Bandara I ngurah Rai di Bali yang juga berdekatan dengan Banyuwangi. Peluang traficcing sangat besar," tandasnya. WAN

Tags
Anda Sedang Membaca:

Begini Tips BP2MI Banyuwangi Memilih Agen agar Tak Tertipu Calo

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT