Selasa, 25 Januari 2022
Pemerintahan

Beli Vaksin Covid-19, Pemkab Banyuwangi Bakal Realokasi APBD

profile
Ikhwan

28 Januari 2021 18:59

31 dilihat
Beli Vaksin Covid-19, Pemkab Banyuwangi Bakal Realokasi APBD
Vaksinator menunjukkan vaksin Sinovac

BANYUWANGI - Guna pengadaan vaksin Covid-19 Kaupaten Banyuwangi bakal melakukan realokasi anggaran. Hal itu untuk memberikan layanan vaksinasi Covid-19 bagi seluruh masyarakat Banyuwangi.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, pemerintah daerah akan terus berkoordinasi dengan gubernur dan menteri kesehatan untuk mendapatkan vaksin Covid-19 yang cukup jika nantinya diperlukan.

"Jadi relokasi anggaran itu diperbolehkan kita ada BTT tentang covid dan lain-lain. Meskipun belum tau besarnya berapa. Tetapi nantinya jika secara bertahap barangnya ada APBD juga sudah siap," kata Anas Kamis (28/1/2020).

Meskipun begitu, Anas menjelaskan jika kendalanya ada pada sulitnya mendapatkan vaksin sinovac karena stok yang terbatas.

"Ini masalahnya barangnya gak ada, ini bukan seperti orang membeli semen dimana-mana dapat, ini barangnya terbatas," ujarnya.

Masih Anas, namun pada intinya pemerintah daerah telah menyiapkan berbagai skenario. Sehingga jika diperlukan untuk memenuhi kebutuhan vaksin Pemerintah Banyuwangi sudah pada tahapan siap.

"Termasuk nantinya jika APBN dan APBD belum mencukupi untuk pengadaan vaksin. Pemda siap untuk bergotong royong bersama pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk memenuhi kebutuhan vaksin di Kabupaten Banyuwangi," tambahnya.

Dalam penyampaiannya Anas juga mengatakan jika vaksinasi di Banyuwangi kedepan juga diharus diprioritaskan kepada rekan-rekan wartawan.

"Karena itu menjadi pekerjaan yang beresiko juga. sehingga saya saya rasa teman-teman wartawan juga perlu untuk divaksin," imbuhnya.

Terkahir Ia berpesan agar para tenaga kesehatan (nakes) secara baik bisa meyakinkan dan memberikan penjelasan kepada masyarakat.

"Agar nakes untuk tetap percaya diri ditengah tugas-tugas yang sangat beresiko dan semoga covid segera berlalu dan ekonomi bisa kembali dimasa yang akan datang," tutupnya.

Untuk diketahui proses vaksinasi di Banyuwangi telah dilangsungkan mulai Kamis (28/1/2020). Sebagai perwakilan 10 tokoh Forkopimda Banyuwangi menjalani penyuntikan Vaksin Sinovac di Pendopo Sabha Swagata Blambangan. (Wan) 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Beli Vaksin Covid-19, Pemkab Banyuwangi Bakal Realokasi APBD

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT