Jumat, 28 Januari 2022
Komunitas

Bercengkrama dengan Musang - Musang Menggemaskan di Pusat Perbelanjaan

profile
Admin

11 Oktober 2020 11:00

284 dilihat
Bercengkrama dengan Musang - Musang Menggemaskan di Pusat Perbelanjaan
Interaksi pengunjung mal dan komunitas pecinta musang

JEMBER - Puluhan komunitas pecinta hewan musang jenis civet selalu menghibur pengunjung salah satu tempat pusat perbelanjaan di Kecamatan Kencong, Jember. Pecinta hewan musang yang tergabung dalam Jember Civet Community memang menjadi langganan berkumpul di pusat perbelanjaan di kawasan Kencong Jember ini setiap Sabtu malam. 

Di Dira Shopping Center Kencong inilah para pengunjung bisa berinteraksi dengan hewan - hewan musang. Selain berfoto, para pengunjung diberi edukasi terkait civet dan musang oleh anggota komunitas. 

Tampak anggota komunitas pecinta musang didominasi anak - anak muda. Mereka tampak membawa sejumlah peliharaan musang miliknya. Alhasil, sejumlah pengunjung pusat perbelanjaan terutama anak - anak tertarik untuk berfoto bersama musang. 

Seorang pengunjung Roni Sunando (35) menyatakan, hampir setiap Sabtu malam ia bersama keluarganya menyempatkan diri ke Dira Shopping Center. Selain berbelanja, pengunjung asal Lumajang ini juga menyebut dirinya juga ingin memberikan edukasi kepada anaknya mengenai hewan musang. 

"Kami sekeluarga setiap malam Minggu pasti datang ke Dira (Dira Shopping Center) Kencong, karena keluarga sana sangat senang dengan hewan ini. Selain itu kami juga diberi edukasi cara merawat musang yang bagus, agar musang tersebut mudah jinak ketika di pelihara, " ucapnya, pada Sabtu (10/10/2020). 

Sementara itu Ketua Jember Civet Community Wilayah Kencong Nuvan menuturkan, spesifikasi mengenai hewan mamalia ini. Menurutnya, stereotip hewan musang yang liar, tampak tak terlihat. Nuvan memastikan musang ini merupakan bagian dari hewan yang mudah dijinakkan. 

Maka dari sanalah ia dan teman - temannya ingin mengenalkan dan mengedukasi ke msyarakat bahwa musang dan civet, bukanlah hewan yang liar dan mengganggu. Maka ia sengaja memilih Dira Shopping Center untuk mengenalkan musang tersebut ke masyarakat. 

"Ingin mengenalkan ke khalayak ramai jika musang itu mudah di pelihara dan mudah jinak dan juga jangan di buru hewan tersebut," tuturnya. 

"Hewan ini mudah dijinakkan mas mudah merawatnya seperti kucing, makanannya juga mudah, diberi nasi sama ikan laut. Selain itulah musang ini juga ketika dilepas di tempat terbuka, atau kebun juga bisa mencari makan sendiri. Hal itu kita lakukan karena biar musang tidak keluar jalur dari habitat sendirinya di kebun dan semak - semak," paparnya.

Terkait komunitas kelompoknya, pria 21 tahun ini menjelaskan bila Jember Civet Community telah berdiri sembilan tahun. Sementara di Kecamatan Kencong sendiri telah berjalan dia tahun dan beranggotakan 30 orang pecinta hewan tersebut. 

"Kami juga membuka diri kepada semua masyarakat pecinta musang untuk memberikan masukan cara dan juga trik merawat musang dan juga agar hewan tersebut tidak galak. Intinya diberikan kasih sayang, hewan apapun pasti jinak," tutupnya. (Ema Wasta)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Bercengkrama dengan Musang - Musang Menggemaskan di Pusat Perbelanjaan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT