Sabtu, 22 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Berikut Kesepakatan Hasil Rapat Forkopimda Banyuwangi tentang Pengendalian Covid-19

profile
Admin

30 Desember 2020 11:54

120 dilihat
Berikut Kesepakatan Hasil Rapat Forkopimda Banyuwangi tentang Pengendalian Covid-19
Rapat koordinasi Anev penanganan Covid-19 di Banyuwangi telah mencapai babak final. Yakni kesepakatan pengendalian kegiatan masyarakat pada masa libur tahun baru di Kabupaten Banyuwangi.

BANYUWANGI - Rapat koordinasi Anev penanganan Covid-19 di Banyuwangi telah mencapai babak final. Yakni kesepakatan pengendalian kegiatan masyarakat pada masa libur tahun baru di Kabupaten Banyuwangi.

Di hadiri jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Kepala Daerah (Forkopimda) rapat itu dipimpin Sekretaris Daerah Kabupaten Banyuwangi Ir. H. Mujiono, diselenggarakan di Posko Penanggulangan Covid-19 Kelurahan Tukang Kayu, Banyuwangi, (Selasa, 29/12/2020).

Mujiono menyampaikan berkaitan dengan lonjakan Covid-19 dan kunjungan wisata maka seluruh destinasi wisata sepakat ditutup mulai tanggal 30 Desember 2020 s/d 3 Januari 202, Cafe, rumah makan warung dan lesehan tutup pada pukul 20.00 wib 30 Desember 2020 s/d 3 Januari 2021, Karaoke dan tempat hiburan ditutup 30 Desember 2020 s/d 3 Januari 2021, Taman Blambangan, Sritanjung, Kuliner pinter dan kegiatan RTH ditutup 30 Desember 2020 s/d 3 Januari 2021

"Meniadakan kegiatan dan perayaan dalam menyambut Tahun Baru. Pusat perbelanjaan/Mall ditutup mulai tanggal 30 Desember 2020 s/d 3 Januari 2021. Toko-toko (Modern/Tradisional) jam operasional mulai pukul 10.00 wib s/d 18.00 WIB. Hotel, pondok wisata, homestay, resort, guest house dan jenis penginapan wajib melampirkan Rapid antigen dan Pelanggaran terhadap ketentuan diatas diberikan sangsi administrasi sesuai ketentuan yang berlaku," imbuhnya.

Letkol Inf Yuli Eko Purwanto, Dandim 0825 Banyuwangi yang juga turut hadir menyampaikan harapan besarnya terhadap penanganan kasus covid-19 di Banyuwangi.

"Semoga semua warga Banyuwangi dihindarkan dari marabahaya. jangan lengah tetap waspada dan disiplin akan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, membiasakan menjaga diri sendiri dan lingkungan seperti memakai masker saat keluar rumah, memakai hand sanitizer, jaga jarak," ucapnya.

Ia menghimbau kepada seluruh masyarakat Banyuwangi pada saat momen libur natal dan penyambutan tahun baru 2021 masyarakat tidak membuat kerumunan.

"Lebih baik di rumah saja. Apabila tidak ada kepentingan yang sangat mendesak lebih baik istirahat di rumah bersama keluarga," imbuhnya.

Masih Yuli, hasil langkah-langkah yang telah disepakati kemarin segera ditangani tanpa banyak bicara. Sesuai maklumat Kapolri harus segera dilakukan tindakan secara masif bukan hanya diperkotaan tetapi juga di perdesaan.

"Kalau mengikuti para orang-orang bisnis seperti Mall maka kita tidak akan maksimal dalam penanganan Covid-19. Saya yakin kalau draf ini dilaksanakan maka kita akan berhasil mencegah penularan virus covid-19," tegasnya.

Sementara itu Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol. Arman Asmara mengatakan, kasus covid-19 di Banyuwangi diangka 4.013 orang. Rata-rata kasus terkonfirmasi di Bulan Desember.

"Angka kematian tetap bertambah sehingga penambahan konfirmasi ini riskan dan terus terjadi penambahan. Kita perlu menindaklanjuti hasil rapat kemarin

sesuai draf fungsi dan tugas masing-masing sehingga masyarakat tidak bebas bergerak dalam kerumunan," kata Arman.

Lanjut Arman, tujuan dari draf kemarin adalah mencegah kerumunan masyarakat sebelum dan sesudah tahun baru. Ia Menyarankan kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan oprasi yustisi dan lebih bisa lebih mobail.

"Hotel, wisata dan destinasi adalah tempat-tempat yang harus kita perhatikan. Sesuai hasil kesepakatan bahwa malam tahun baru tidak ada pesta. Menyarankan cek poin kembali di titik-titik tertentu menggunakan personil dengan berkolaborasi termasuk dengan tokoh-tokoh agama," tutupnya. (WAN)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Berikut Kesepakatan Hasil Rapat Forkopimda Banyuwangi tentang Pengendalian Covid-19

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT