Rabu, 26 Januari 2022
Pemerintahan

Berperan Kembangkan IKM, Warga Ponorogo Raih Penghargaan Upakarti

profile
Admin

22 Desember 2020 19:29

121 dilihat
Berperan Kembangkan IKM, Warga Ponorogo Raih Penghargaan Upakarti
Warga Ponorogo penerima Upakarti bersama Wabup Ponorogo

PONOROGO – Warga Ngrayun Ponorogo menjadi orang pertama dan satu – satunya yang meraih penghargaan upakarti. Warga bernama Lusi Widyarini asal Desa Selur, Kecamatan Ngrayun, Kabupaten Ponorogo ini diganjar penghargaan Upakarti karena dianggap berprestasi, berjasa, dan aktif melakukan dan pembinaan pada industri kecil dan menengah (IKM).

 

"Alhamdulillah, senang sekali. Tidak pernah terbayang bisa dapat penghargaan ini. Awalnya saya hanya melakukan aksi dan mengalir saja. Mungkin inilah buah dari perjuangan selama ini," ucap Lusi Widyarini, ketika berada di ruang kerja Wakil Bupati Soedjarno Selasa, (22/12/2020).

 

Lusi Widyarini selama ini dikenal sebagai pengusaha minuman sari janggelan, memang sudah lama bergelut di dunia usaha industri kecil dan menengah (IKM). Dirinya menceritakan sudah sejak tahun 2012 sudah melalang buana mengembangkan usaha hingga akhirnya kerja keras itu membuahkan hasil. "Tidak pernah menyangka dan kepikiran bahwa usaha selama ini akan dapat penghargaan," tuturnya.



 

Dirinya pun mengucapkan kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ponorogo, terutama Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro (Perdakum) yang selama ini menjadi mitra kerjanya. Menurut Lusi, pemerintah daerah selalu membantu apa saja yang dibutuhkannya hingga akhirnya bisa mengantarkan dirinya menjadi penerima penghargaan Upakarti di bidang kepeloporan tahun 2020.

 

"Ada banyak binaan IKM saya di desa. Kita selalu menjadi pembina para IKM agar terus semangat dan maju. Kita selalu dampingi IKM agar tetap semangat dan maju,"ungkapnya.

 

Sementara itu Wakil Bupati Ponorogo Soedjarno mengucapkan selamat atas penghargaan yang diterima. Penghargaan ini disebut Soedjarno menjadi penghargaan yang tak mudah.

 

“Tentu saja penghargaan tersebut membawa nama harum Ponorogo karena penghargaan ini tergolong elit dan sulit sehingga hanya sedikit sekali yang bisa mendapatkannya. Informasinya hanya ada 10 orang saja se-Indonesia yang mendapatkannya," pungkasnya.

 

Diinformasikan bahwa penganugerahan Penghargaan Upakarti dan Penghargaan Seleksi Desain Terbaik Indonesia (IGDS) 2020 dilaksanakan pada Kamis 10 Desember 2020 lalu. Prosesi penyerahan apresiasi ini turut dihadiri secara virtual oleh Wakil Presiden RI, KH Ma'ruf Amin dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita di Jakarta. (Ari)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Berperan Kembangkan IKM, Warga Ponorogo Raih Penghargaan Upakarti

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT