Minggu, 23 Januari 2022
Ekonomi

BI Jember Catat Peningkatan Peredaran Uang Palsu di Tahun 2021

profile
Rochul

16 April 2021 17:06

72 dilihat
BI Jember Catat Peningkatan Peredaran Uang Palsu di Tahun 2021
Kepala kantor perwakilan Bank Indonesia Jember Hestu Wibowo.

JEMBER - Peredaran uang palsu (upal) di wilayah kerja Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Jember masih banyak terjadi. Tercatat total 2650 lembar uang palsu (upal) yang diamankan KPwBI Jember. 

Kepala KPwBI Jember Hestu Wibowo menyatakan, peredaran uang palsu terbanyak di pecahan Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu, yang ada di masyarakat. 

"Perkembangan (kasus peredaran) uang rupiah tidak asli, untuk temuan selama tahun 2020 kemarin, tercatat dari Januari sampai Desember. Ada sebanyak 1981 lembar upal. Kemudian Pada tahun 2021, yakni dari Januari sampai Maret, ada sebanyak 669 lembar upal. Jadi total peredaran uang rupiah tidak asli atau upal itu, ada 2650 lembar," kata Heru, saat dikonfirmasi sejumlah wartawan di kantornya, Jumat (16/4/2021).


Dirinya mencatat Bank Indonesia banyak menemukan sejumlah uang palsu ini saat masyarakat melalui Penyelenggara Jasa Pengolahan Uang Rupiah (PJPUR) saat transaksi di bank. Data itu disebutnya diperoleh dari klarifikasi laporan perbankan terhadap PJPUR. 

"Uang palsu itu, sumber-sumber temuannya dari hasil klarifikasi perbankan (untuk dilaporkan ke BI asli atau palsu), atau bank yang terima setoran dari masyarakat. Jadi Setelah dipilih dan pilah, didapatkan dan temukan ada 2603 lembar upal itu hingga saat ini," sebutnya.

Kemudian untuk sumber temuan lainnya, diketahui dari pengolahan uang di Bank Indonesia (KPwBI Jember). "Dengan didapatkan jumlah upalnya ada 31 lembar, dan dari laporan masyarakat, juga ada sebanyak 16 lembar," sebutnya.

Sebagai upaya menekan peredaran upal itu, KPwBI Jember berkoordinasi dengan aparat penegak hukum setempat.

"Kami juga juga memberikan sanksi tegas, pada pengedar serta pembuat upal itu. Untuk pecahan upal itu, paling banyak Rp 50 ribu dan Rp 100 ribu hingga saat ini yang sudah terdeteksi," tukasnya. (Lum)

Tags
Anda Sedang Membaca:

BI Jember Catat Peningkatan Peredaran Uang Palsu di Tahun 2021

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT