Jumat, 28 Januari 2022
Advetorial

Bimtek Sosialisasi Pelaporan SPT Tahunan ala Korem 082 CPYJ

profile
Andy

10 Februari 2021 20:42

48 dilihat
Bimtek Sosialisasi Pelaporan SPT Tahunan ala Korem 082 CPYJ
Saat pemateri dari KP2KP Sosialisasi SPT tahunan (Penrem 082 CPYJ)

KOTA MOJOKERTO - Korem 082 CPYJ menggelar sosialisasi Bimbingan Teknis (Bimtek) pengisian SPT Tahunan kepada Duta e-Filing. Sosialiasi Bimtek ini diisi pemateri dari perwakilan Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Kota Mojokerto, Abda Alif Yakfly.
Kegiatan Sosialisasi penyampaian SPT Tahunan 2021 diikuti oleh prajurit dan PNS Korem 082 CPYJ, bertempat di Ruang Rapat Makorem 082 CPYJ Mojokerto, pada Rabu (10/2/2021). 


Pada materinya perwakilan KP2KP Kota Mojokerto Abda Alif Yakfly menyebutkan STP elektronik merupakan sarana pelaporan SPT secara elektronik, dimana formulir SPT berada dalam aplikasi e-SPT. Dimana pengisian SPT dilakukan dengan cara yang sama dengan SPT berbasis kertas (manual). Sedangkan e-Filling merupakan penyampaian SPT yang menggunakan jaringan internet secara online dan real-time melalui situs yang telah ditentukan yakni http//www.pajak.go.id/. Menggunakan E-Filing, wajib pajak dapat mengisi SPT sendiri dengan lebih mudah, aman dan efisien.


"Cara ini mudah karena sistem penghitungan pajak terutang yang otomatis sehingga wajib pajak hanya tinggal mengisi kolom-kolom yang tersedia. Selain itu, efisien karena wajib pajak yang menggunakan e-filing tidak perlu datang ke KPP, karena SPT telah disampaikan secara online," ungkap Abda. 


Abda menambahkan, bila melalui pelaporan SPT dalam e-filling ini juga aman, karena sistem akan langsung menyambungkan ke sistem pusat DJP sehingga resiko menjadi kecil. 


Pada sosialisasi ini peserta wajib membawa Laptop/HP berbasis android untuk melaksanakan praktek secara langsung pengisian e-SPT dengan mengakses https://djponline.pajak.go.id.


Sosialisasi SPT ini juga KP2KP Mojokerto juga membagikan dua macam formulir yakni SPT Tahunan PPH WP Orang Pribadi Formulir 1770S, digunakan bagi WP Orang Pribadi yang tahapnya diperoleh dari satu atau lebih pekerja dan memiliki tahapan lainnya yang bukan dari kegiatan usaha atau pekerjaan bebas.   Misalnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan pejabat negara lainnya yang memiliki tahapan lainnya misalnya sewa rumah, pengajar atau pembicara dengan jumlah penghasilan lebih dari Rp 60.000.000/ Tahun.


"Kedua SPT Tahunan PPH wajib pajak orang pribadi formulir 1770SS. Dimana formulir ini digunakan oleh wajib pajak orang pribadi, yang tahapannya dari usaha atau pekerjaan bebas dengan tahap-tahap tidak lebih dari Rp 60.000.000/Tahun," jelasnya kembali. 


Sementara itu, Pasiren Korem 082/CPYJ Mayor Cku Anis Erdayanti menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Mahmudah Istiqomah beserta Tim dari KP2KP yang dengan kesibukannya masih bersedia mengadakan mengisi sosialisasi penyampaian SPT Tahunan di Makorem 082/CPYJ.


"Diharapkan, setelah diadakannya sosialisasi penyampaian SPT Tahunan ini kepada seluruh Prajurit dan PNS Makorem 082/CPYJ, nantinya seluruh anggota dapat melaporkan SPT Tahunannya dengan tepat waktu," jelas Mayor Anis.


Hadir dalam sosialisasi ini Pasiren Mayor Cku (K) Anis Erdiyanti, Pasi Anev Kapten Arm Gunawan Riyanto, Kepala Seksi Pelayanan Ibu Mahmudah Istiqomah, Kepala Seksi Penagihan Bapak Abdul Fatah, Account Representative Ibu Surati, Account Representative Bapak Tomi Adhi Nugroho dan Account Representative Bapak Abda Alif Yakfly. (Adv) 
 

Tags
Anda Sedang Membaca:

Bimtek Sosialisasi Pelaporan SPT Tahunan ala Korem 082 CPYJ

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT