Rabu, 26 Januari 2022
Advetorial

Blusukan ke Kelurahan, Bupati Pamekasan Liat Potensi Ekonomi Masyarakat

profile
Faisol

19 Juni 2021 17:25

35 dilihat
Blusukan ke Kelurahan, Bupati Pamekasan Liat Potensi Ekonomi Masyarakat

PAMEKASAN - Bupati Pamekasan Baddrut Tamam blusukan ke beberapa kelurahan di Kabupaten Pamekasan. Tujuannya, guna melihat langsung potensi ekonomi yang bisa dikembangkan masyarakat, Sabtu (19/6/2021).

Blusukan kali ini tertuju Kelurahan Jungcangcang, Kelurahan Bugih, Kelurahan Patemon, Kelurahan Gladak Anyar, dan Kelurahan Kowel.

Di lapangan, Bupati Baddrut Tamam mengaku menemui potensi ekonomi yang perlu dikembangkan, salah satunya pengembangan wisata dan kuliner.

"Kita memang punya agenda untuk sering turun ke desa-desa dan kelurahan guna menggali potensi ekonomi. Untuk minggu depan kita lanjutkan ke kelurahan yang lain,"  kata Bupati Baddrut Tamam.

Dikatakan Baddrut Tamam, tujuan blusukan itu ingin mengetahui potensi yang bisa dikembangkan pada setiap kelurahan. Alhasil, beberapa kelurahan telah memiliki inisiatif untuk mengembangkan potensi yang ada.

Contoh kelurahan yang bisa dikatakan berhasil menjadikan sampah organik sebagai alat menghasilkan rupiah. Sampah organik itu sebagai bahan makanan ulat maggot.

Lurah Gladak Anyar Bagus Irawan menjadikan Kelurahan Gladak Anyar sebagai tempat budidaya lalat Black Soldier Fly (BSF) atau lalat tentara. Saat ini, Lurah Irwan telah membudidaya ribuan ulat maggot.

"Kemudian juga di Kelurahan Kowel ada beberapa potensi wisata yang mau dikembangkan. Barusan juga kita ketemu dengan gagasan wisata goverment, anak-anak SMA kita mau ajak untuk mengetahui peran dan fungsi kelurahan, kecamatan, pemerintahan dan beberapa instansi lain yang bisa mengedukasi masyarakat," terangnya.

Ia menyebut, pihaknya juga ingin memastikan pelayanan kepada masyarakat di setiap kelurahan terlaksana dengan baik. Termasuk infrastruktur yang memerlukan tindakan cepat untuk segera diperbaiki.

"Alhamdulillah, lurah-lurah sudah bekerja sesuai dengan tugas dan fungsinya, beberapa potensi ekonomi juga luar biasa. Misalnya, kerajinan pembuatan Terbang (Madura, red) ada yang pakai tangan dan ada yang sudah pakai mesin, ini khas yang dimiliki oleh kita," ujarnya.

Lebih lanjut, Baddrut Tamam mengatakan, dirinya turun di saat hari libur tanpa agenda resmi lantaran lebih efektif dalam menyerap aspirasi masyarakat. Sebab, acara yang bersifat seremonial justru akan membuat pemimpin dengan rakyatnya berjarak.

"Pak Camat dengan Pak Lurah dan kita ini adalah the dream team atau tim impian. Orientasi akhirnya adalah layanannya semakin bagus, infrastrukturnya lebih bagus, termasuk pengembangan ekonomi yang mau didorong oleh masing-masing kelurahan semakin maksimal," pungkasnya.

Sekedar diketahui, Bupati Baddrut Tamam blusukan mengendarai sepeda motor jadul bersama Camat Pamekasan Rahmat Hidayat. Sebelum blusukan, dia ta'ziyah ke rumah Kepala Desa Teja Barat Kecamatan Pamekasan.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Blusukan ke Kelurahan, Bupati Pamekasan Liat Potensi Ekonomi Masyarakat

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT