Rabu, 19 Januari 2022
Pemerintahan

BPBD Banyuwangi Rekomendasikan InaRisk Untuk Tinjau Potensi Kedaruratan Bencana

profile
Ikhwan

19 Oktober 2021 17:31

20 dilihat
BPBD Banyuwangi Rekomendasikan InaRisk Untuk Tinjau Potensi Kedaruratan Bencana

BANYUWANGI - BPBD Banyuwangi merekomendasikan aplikasi InaRisk untuk melihat potensi kedaruratan bencana. Aplikasi inaRisk menjadi dasar pengetahuan masyarakat dalam melakukan upaya mitigasi.

Kasi Pencegahan BPBD Banyuwangi Yusuf Arif, mengatakan dalam aplikasi tersebut berisikan informasi tingkat bahaya suatu wilayah dan dilengkapi dengan rekomendasi aksi untuk melakukan antisipasi secara partisipatif.

"Disitu bisa ditentukan lokasinya, misalkan di daerah itu ancamannya banjir bandang. Kalau banjir bandang berarti masyarakat bisa membaca rekomendasi-rekomendasi yang ada di dalam aplikasi tersebut," kata dia, Selasa (19/10/2021).

Saat ini, kata dia, Banyuwangi sudah mulai memasuki musim penghujan. berdasarkan data dari BNPB, sumber katalog desa/kelurahan rawan banjir di Banyuwangi tercatat sebanyak 184 desa.

Peta bencana ini didasarkan pada analisa, peta aliran air, aliran sungai, serta pantai. Hampir seluruh kecamatan di Banyuwangi memiliki potensi bencana, khususnya memasuki musim penghujan.

"Untuk potensi bencananya sedang semua," terangnya.

Meski demikian, BPBD meminta agar masyarakat tidak perlu panik. Masyarakat hanya perlu meningkatkan kewaspadaan, mengingat Banyuwangi sebentar lagi memasuki musim penghujan.

"Informasi peringatan dini ini kami harap, bisa direspon dengan upaya dini dalam meningkatkan kewaspadaan," tandasnya.

Tags
Anda Sedang Membaca:

BPBD Banyuwangi Rekomendasikan InaRisk Untuk Tinjau Potensi Kedaruratan Bencana

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT