Jumat, 28 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Buka Program TMMD, Bupati Bondowoso : Semoga Bisa Bermanfaat ke Warga

profile
Fujie

02 Maret 2021 21:39

45 dilihat
Buka Program TMMD, Bupati Bondowoso : Semoga Bisa Bermanfaat ke Warga
Peluncuran program TMMD oleh Bupati Bondowoso

BONDOWOSO - TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) di Kabupaten Bondowoso resmi diluncurkan. Program TNI ini nantinya akan berpartisipasi membangun negeri melalui perbaikan sarana prasarana di desa - desa, termasuk rumah warga tak layak huni.

Di Kabupaten Bondowoso sendiri, ada 64 rumah tidak layak huni (RTH) di Desa Penang dan Desa Klekean, Kecamatan Botolinggo, yang menjadi target perbaikan. Sementara di dua desa tersebut gerakan TMMD ini juga akan melakukan rehabilitasi ke sejumlah fasilitas umum, seperti masjid, musala, hingga pavingisasi jalan desa sepanjang 750 meter.

Bupati Bondowoso Salwa Arifin yang meresmikan program TMMD bersama Ketua DPRD Bondowoso Ahmad Dhafir ini pada Selasa (2/3/2021), mengapresiasi terselenggaranya program TMMD di Bondowoso. Dirinya berharap, pembangunan infrastruktur, baik rumah maupun fasilitas umum, berjalan dengan baik.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan pembangunan negeri dari desa melalui program TMMD. Ini kan kegiatan dua tahunan. Kalau bisa ada TMMD tiap tahunnya," ucap Salwa.

Menurutnya, pemerintah siap ambil bagian dalam menyokong keberhasilan TMMD melalui berbagai program Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPPMD). Melihat ini bersentuhan langsung dengan masyarakat. "Saya harap masyarakat merespon dan mendukung kegiatan ini," lanjutnya.

Komandan Kodim 0822 Bondowoso, Letkol Kav Widi Widayat mengatakan, TMMD di Kabupaten Bondowoso tahun ini memilih desa terpelosok dan terisolir. "Saya berharap hasil dari kegiatan TMMD bisa dirasakan manfaatnya  oleh warga desa, untuk  meningkatkan perekonomian masyarakat,” harapnya.

Selain pembangunan fisik, jelasnya, kegiatan kali ini juga akan memfokuskan sasaran nonfisik, yakni bela negara, literasi protokol kesehatan, kesadaran KB, penyuluhan terkait permasalahan pernikahan dini, pengobatan hingga sunat masal.

Kegiatan dilaksanakan selama 30 hari, yang akan dimulai pada 2 Maret - 31 Maret 2021 mendatang. Nantinya dalam program TMMD ini juga akan melibatkan unsur lainnya, baik dari kepolisian, pemuda, maupun pemerintah desa setempat.

"Sifatnya gotong royong terdiri dari TNI, Polri, pemuda, tokoh masyarakat dan masyarakat Desa Klekehan dan Desa Penang,” terangnya.

Sebagai informasi program TMMD sebelumnya dilakukan di satu dengan di Kabupaten Bondowoso. Desa ini yakni Desa Solor, Kecamatan Cermee, yang merupakan desa terluar yang berbatasan dengan Kabupaten Situbondo.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Buka Program TMMD, Bupati Bondowoso : Semoga Bisa Bermanfaat ke Warga

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT