Kamis, 27 Januari 2022
Pemerintahan

Bupati Ipuk : Stok Beras di Banyuwangi Aman hingga lebaran

profile
Ikhwan

19 April 2021 16:15

42 dilihat
Bupati Ipuk : Stok Beras di Banyuwangi Aman hingga lebaran

BANYUWANGI - Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani memastikan ketersediaan beras di Bulog setempat aman hingga lebaran nanti. Sehingga kabupaten ujung timur Jawa ini tidak sampai mengalami kekurangan.

Dalam memastikan stok, bupati perempuan itu meninjau langsung di Gudang Bulog, Ketapang, bersama dengan  Kepala Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Jember Hestu Wibowo, serta Wakil Kepala Bulog Banyuwangi, Moehari, Senin (19/4/2021).,

Bupati Ipuk mengatakan, bila stok beras di Banyuwangi dipastikan aman hingga perayaan lebaran nanti. Terlebih hasil panen tahun kemarin hingga panen raya saat ini Banyuwangi tetap mengalami surplus beras.

"Masyarakat tidak perlu khawatir kita surplus cukup banyak. Dari kapasitas 21 ribu ton beras yang tersedia di Bulog, kebutuhan Banyuwangi hanya 1.200 ton. Jadi surplusnya cukup banyak," kata Ipuk saat dikonfirmasi sejumlah awak media.

Sementara Wakil Kepala Bulog Banyuwangi, Moehari menambahkan, stok beras di Bulog Banyuwangi sampai saat ini kurang lebih sekitar 20.300 ton.

Stok tersebut tidak hanya cukup sampai lebaran, akan tetapi pihaknya memastikan satu sampai dua tahun kedepan juga aman.

"Itu bisa bertambah lagi karena kita terus melakukan penyerapan kedepan. Stok sekarang ada sekitar 20.300 ton skala beras. Itu kurang lebih untuk satu sampai dua tahun mencukupi," jelasnya.

Dikatakannya juga, untuk hasil penyerapan panen petani, Bulog Banyuwangi sudah mengantongi sebanyak 5.400 ton beras.

"Itu semaksimal mungkin akan terus dilakukan penyerapan," tandasnya.

Kepala BI Jember Hestu Wibowo menyebut, kegiatan peninjauan ini juga merupakan salah satu program kerja Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Banyuwangi.

Pihaknya meninjau langsung ketersediaan dan kesiapan beberapa komoditas salah satunya adalah beras di Bulog.

"Ini dalam rangka untuk memberikan jaminan dan informasi kepada masyarakat, bahwa selama Ramadhan hingga Idulfitri tahun ini masyarakat tidak perlu khawatir. Karena kita sudah melihat langsung untuk melihat benar-benar ketersediaannya sangat melimpah," papar Hestu. (*)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Bupati Ipuk : Stok Beras di Banyuwangi Aman hingga lebaran

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT