Sabtu, 22 Januari 2022
Peristiwa Daerah

Bupati Malang Targetkan Proses Pembangunan Rumah Terdampak Gempa Segera Dilakukan

profile
Avirista

13 April 2021 19:56

111 dilihat
Bupati Malang Targetkan Proses Pembangunan Rumah Terdampak Gempa Segera Dilakukan
Bupati Malang Sanusi

MALANG - Proses pembangunan rumah yang rusak terdampak gempa ditargetkan Pemkab Malang segera mungkin dilakukan. Saat ini proses pendataan kerusakan yang muncul masih terus berjalan sehingga masih perlu waktu.

Bupati Malang Sanusi menegaskan, pembangunan rumah warga yang terdampak kerusakan gempa bakal dipercepat. Saat ini pihaknya bersama jajaran instansi terkait masih melakukan pendataan di lapangan. Bila selesai pendataan, maka proses pembangunan bisa dilakukan.

"Ini sedang pendataan. Setelah pendataan selesai, mau kita bangun. Jadi dalam minggu ini sudah mulai kita bangun, yang rusak-rusak berat kita dahulukan," ucap Sanusi kepada awak media, di Desa Majang Tengah, Kecamatan Dampit, pada Selasa (13/4/2021).

Dirinya menambahkan, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menggelontorkan bantuan untuk warga yang rumahnya rusak. Besaran bantuan itu berbeda tergantung kerusakan rumah yang dialaminya, dana Rp 50 juta untuk rumah warga yang rusak berat, Rp 25 juta untuk rumah yang mengalami rusak sedang, dan Rp 10 juta diberikan ke warga dengan rumah yang rusak ringan.

Dampak kerusakan rumah akibat gempa di Kabupaten Malang

 

Dimana dikatakan Sanusi, biaya ini diberikan di luar pembayaran untuk pengerjaan pembangunan. Adapun pengerjaan rumah rusak juga kan dilakukan oleh TNI dan Polri. "Jadi bantuan Rp 50 juta itu murni untuk bisa digunakan bahan bangunan," jelasnya.

Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Malang hingga Selasa malam 13 April 2021 terdapat 4.404 unit rumah, 1.925 unit rumah rusak ringan, 1.319 rumah rusak sedang, dan 1.160 unit rumah berat. Sedangkan, sebanyak 170 unit bangunan sekolah, 12 unit fasilitas kesehatan, 64 unit tempat ibadah, dan 15 unit fasilitas umum lainnya rusak

Sebelumnya, saat kunjungannya ke korban gempa Malang pada Minggu 11 April 2021 laku Kepala BNPB Doni Monardo mengatakan, bantuan rumah bisa diperoleh dengan cara pemerintah daerah mengajukannya kepada BNPB. Nama dan alamat warga termasuk Nomor Induk Kependudukan (NIK) harus disertakan. Lalu sebelum ini diusulkan, pemerintah daerah harus mencantumkan daftar nama di desa atau kelurahan. 

Pendaftaran nama di tingkat desa atau kelurahan penting dilakukan agar warga bisa menilai pihak yang berhak mendapatkan bantuan stimulan rusak berat, sedang dan ringan. Pasalnya, jumlah bantuan yang diberikan berbeda karena menyesuaikan tingkat kerusakan rumah. 

Untuk rumah yang rusak berat, akan mendapatkan bantuan dari unsur Polri dan TNI serta Kementerian PUPR. Dengan demikian, proses pembangunan rumah bisa berjalan cepat. Bahkan, Doni menargetkan perbaikan rumah dengan kerusakan sedang dan ringan bisa dilakukan secepat mungkin.

Tags
Anda Sedang Membaca:

Bupati Malang Targetkan Proses Pembangunan Rumah Terdampak Gempa Segera Dilakukan

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT