Sabtu, 22 Januari 2022
Advetorial

Bupati Pamekasan Setuju M Tabrani Jadi Pahlawan Nasional

profile
Faisol

01 April 2021 14:35

192 dilihat
Bupati Pamekasan Setuju M Tabrani Jadi Pahlawan Nasional

PAMEKASAN - Bupati Pamekasan Baddrut Tamam menyatakan setuju menjadikan M Tabrani sebagai pahlawan nasional. Hal itu disampaikan Bupati Baddrut Tamam dalam Sosialisasi Pengajuan M Tabrani sebagai Pahlawan Nasional di salah satu hotel di Pamekasan, Selasa (30/3/2021).

Menurutnya, putra daerah kelahiran 10 Oktober 1904 yang wafat tahun 1984 itu, dinilai layak menjadi pahlawan nasional karena jasanya dalam memperjuangkan terbentuknya Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan.

"Kalau memang harus saya tanda tangan sekarang kepada Presiden mengusulkan bapak Mohammad Tabrani menjadi pahlawan nasional, saya siap. Tetapi harus ada narasi yang mengikuti usulan itu, kenapa harus ada narasi yang harus mengikuti ? Bair kemudian tidak hanya usul, tetapi prestasi inspirasi semangat darah juang yang dikorbakan," katanya.

Ia menyebut, saat ini ada beberapa tokoh di Madura yang diusulkan menjadi pahlawan nasional, salah satunya; Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan. Kata dia, Syaikhona Muhammad Kholil Bangkalan merupakan ulama yang melahirkan tokoh nasional, yakni KH Hasyim Asyari.

Dia meminta kepada seluruh elemen kepemudaan, baik KNPI, HMI, PMII dan seluruh organisasi kepemudaan yang untuk ikut andil memberikan rekomendasi dan dukungan kepada M Tabrani sebagai pahlawan nasional.

"Sesuatu yang luar biasa itu sedang kita rintis hari ini untuk memberikan dukungan yang pasti kepada yang kita banggakan bersama Mohammad Tabrani orang Pamekasan yang waktu awal abad 19 sebagai pemuda berani tidak hanya memperjuangkan bahasa tetapi jauh di dalam itu semua adalah memperjuangkan kemerdekaan," terangnya.

Sekedar diketahui, sosialisasi tersebut juga dihadiri oleh Prof Aminuddin Aziz Kepala Pengembangan dan Pembinaan Bahasa RI, Mohammad Abdul Haq Kepala Pusat Pembinaan dan Sastra Kemendikbud RI, Dr Asrid Kepala Balai Bahasa Jawa Timur,  budayawan RKH. Thoriq Syakrani, Ketua DPRD Pamekasan Fathorrahman dan Kepala Disdikbud Pamekasan Akhmad Zaini. (adv)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Bupati Pamekasan Setuju M Tabrani Jadi Pahlawan Nasional

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT