Minggu, 23 Januari 2022
Pemerintahan

Bupati Trenggalek Wajibkan ASN Kenakan Pakaian Adat Tradisional Setiap Hari Kamis

profile
Tatang

08 Maret 2021 10:46

187 dilihat
Bupati Trenggalek Wajibkan ASN Kenakan Pakaian Adat Tradisional Setiap Hari Kamis
Bupati Trenggalek Moch Nur Arifin

TRENGGALEK - Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Trenggalek wajib mengenakan pakaian tradisional setiap hari Kamis. Kewajiban penggunaan memakai pakaian tradisional bahkan telah dituangkan melalui perintah bupati yang ditandatangani oleh Bupati Trenggalek Moch. Nur Arifin. 

Penggunaan pakaian adat tersebut sebagai pakaian dinas ASN  tertuang dalam Perbup No. 6 Tahun 2021 tentang, Perubahan atas Peraturan Bupati Nomor 57 Tahun 2020 tentang Pakaian Dinas Aparatur Sipil Negara, yang dikeluarkan pada Minggu 7 Maret 2021. Peraturan ini berlaku mulai awal Maret 2021. Selain itu, ketentuan penggunaan pakaian adat tradisional ini juga sebagai upaya melestarikan dan mengembangkan warisan budaya asli Trenggalek.

Pada surat keputusan bupati tersebut disebutkan, untuk ASN laki-laki pakaian adat yang dikenakan berupa baju surjan lengkap dengan jarik batik motif Trenggalek dan blangkon kalijagan, serta papan nama dan lencana Korpri. Sementara bagi ASN perempuan mengenakan kebaya lengan panjang bahan polos serta jarik batik motif Trenggalek, lengkap dengan papan nama serta lencana Korpri.

Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin mengatakan, ingin membawa kultur baru dengan menggunakan pakaian adat tradisional sebagai pakaian dinas ASN. "Saya membawa kultur baru, budaya baru, nanti setiap hari Kamis kita pakai baju adat, semoga nanti bisa membawa aura berbeda di Trenggalek," ujar Nur Arifin, melalui rilis yang diterima pada Senin (8/3/2021).

Arifin menambahkan, pemakaian baju adat tradisional ini juga ingin memicu ekonomi lokal yang berbasis kearifan lokal. "Dari sisi kerja juga tidak bosan di kantor, nanti juga bisa memicu ekonomi lokal yang berbasis kearifan lokal," tuturnya.

"Syukur-syukur di desa bisa diimplementasikan, sehingga nanti desa wisatanya bisa terkesan lebih natural dan lebih alami," tutupnya. (Tatang)

Tags
Anda Sedang Membaca:

Bupati Trenggalek Wajibkan ASN Kenakan Pakaian Adat Tradisional Setiap Hari Kamis

Share

APA REAKSI ANDA?

0 Sangat Suka

0 Suka

0 Tertawa

0 Flat

0 Sedih

0 Marah

ADVERTISEMENT